Cianjur Miliki Harta Karun Terbesar di Indonesia

Gunung Gede Pangrango
Gunung Gede Pangrango. Foto : Dok Radar Cianjur

CIANJUR – Miliki harta karun energi panas bumi (Geothermal), Kabupaten Cianjur belum dapat memanfaatkan. Padahal penemuan tersebut disebut-sebut menjadi salah satu potensi terbesar di Indonesia.

Informasi yang dihimpun, energi panas bumi (geothermal) yang terletak di kawasan wisata Cipanas, Kecamatan Cipanas.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan data Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI mencatat energi panas bumi yang ada di Cipanas Cianjur merupakan potensi terbesar di Indonesia.

Selain itu menurut kabar yang beredar saat ini pemerintah pusat berencana akan menggarap sumber energi panas bumi di Cianjur ini ditandai dengan dilakukannya penawaran Wilayah Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi (WPSPE) Panas Bumi di Daerah Cipanas.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Cianjur, Dedi membenarkan, Cianjur memiliki energi panas bumi yang terletak di kecamatan Cipanas.

“Memang benar adanya, tapi belum dimanfaatkan,” ujarnya kepada wartawan melalui sambungan telepon, Senin (07/03/2022).

Dedi mengaku, belum ada tembusan dari pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI atau pemerintah pusat yang akan menggarap energi panas bumi Cipanas.

“Belum ada pembahasan, kemarin kita rapat dengan Pak Bupati, tidak ada membicarakan hal tersebut,” tandasnya (byu/radarcianjur).

Pos terkait