Bogor Diguyur Hujan Es, Imbas Pancaroba

  • Whatsapp
Hujan es

BOGOR  – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan fenomena hujan es yang mengguyur kawasan Bogor sore ini, Selasa (21/9/2021).

BMKG wilayah Bogor mengonfirmasi telah terjadi hujan dengan intensitas sedang – lebat disertai kilat atau petir, angin kencang, dan hujan es pada Selasa (21/9) antara pukul 15.10 – 17.15 WIB.

Bacaan Lainnya

Menurut Forecaster on Duty BMKG Bogor, Retno Kartika hujan es yang terjadi di Bogor  terjadi imbas musim peralihan atau pancaroba.

“Memang lebih sering terjadi pada masa peralihan akibat dari adanya awan cb atau cumulunimbus yang mempunyai suhu puncak awan yang sangat dingin. Puncak awannya bisa sampai -60 derajat celcius ke bawah,” jelasnya saat dihubungi, Selasa (21/9).

Lebih lanjut, hujan es pada masa pancaroba pada umumnya terjadi setelah pertumbuhan awan-awan cumulonimbus akibat energi pemanasan siang hari. Sehingga, terbentuk awan konvektif menjelang sore hari.

Senada, Iid Mujtahidin dari Meteorologi BMKG Jabar menyebut hujan es banyak terjadi saat musim pancaroba imbas peralihan kondisi cuaca tidak stabil.

“Aktivitas pertumbuhan awan cumulonimbus(Cb) cukup kuat sehingga bisa melewati level beku,” tulisnya.

Meski demikian, Iid tak menampik jika kejadian hujan es pun bisa terjadi saat musim hujan.

Sebelumnya, BMKG sempat mengimbau agar warga waspada cuaca ekstrem seperti hujan es, hujan lebat dengan periode singkat dan angin puting beliung pada masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *