Banjir dan Longsor Ancam Kabupaten Bogor

  • Whatsapp
BPBD Kabupaten Bogor

BOGOR – Kepala Badan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Yani Hasan, meminta masyarakat selalu waspada terhadap cuaca belakangan ini dengan intensitas curah hujan yang tinggi.

Sebab, bencana banjir dan longsor kerap terjadi di be­berapa kecamatan di wilayah Kabupaten Bogor. Terutama di wilayah barat, utara, dan timur. Sebab, wilayah tersebut terdapat aliran yang dilintasi sungai atau kali.

Bacaan Lainnya

”Yang paling rawan itu yang pernah terjadi bencana. Se­perti di aliran Sungai Cidu­rian yang tingkat sedimennya sudah tinggi,” kata Yani Hasan.

Selain itu, bagian utara se­perti di Kecamatan Parung­panjang dan Rumpin juga rawan banjir. Sedangkan di wilayah barat Kabupaten Bo­gor terdapat beberapa keca­matan, seperti Kecamatan Cigudeg, Nanggung, Sukajaya, dan Kecamatan Jasinga.

”Wilayah barat ada empat kecamatan yang rawan. Di antaranya, Cigudeg, Nanggung, Sukajaya, dan Jasinga,” terang Yani.

Yani menuturkan, selain di barat dan utara, ada juga yang rawan banjir di timur Kabu­paten Bogor. Seperti Gunung­putri dan Kecamatan Cileung­si.

Upaya dari BPBD akan tetap mengoordinasi dengan instansi terkait dalam penanga­nan. ”Ini kan musim hujan, jadi yang pernah terjadi ban­jir agar selalu waspada bagi masyarakat,” imbaunya.

Sementara itu, Kapolres Bo­gor, AKBP Harun, mengaku bahwa Polres Bogor sendiri sudah ada tim tanggap ben­cana. Selain dari polres, ada juga dari BPBD dan instansi lainnya. ”Kita ada tim tanggap bencana. Jadi kalau bencana, kita sudah siapkan antisipa­sinya,” pungkas Harun.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *