Ceramah Ustaz Evie Effendi Soal Nisfu Syaban Bikin Perkara

  • Whatsapp

BANDUNG, RADARSUKABUMI.com – Video ceramah Evie Efendi soal Hadis viral di media sosial. Video berdurasi 4 menit tersebut Evie menjelaskan tentang sebuah hadis. Dalam video yang beredar, tampak Evie memakai topi dan kaos hitam sedang berceramah. Dia membahas soal malam nisfu sya’ban.

“Dikaji ulang, tentang hadits-hadits nisfu syaban ini hadist nya cacat. Tidak nyambung ke nabi, ” terang Evi.

Bacaan Lainnya

Lalu Evi berbicara dengan bahasa sunda:

Urang ge bisa nyieun hadist mah, hayang payu topi kieu, qola rosulullah Shalahu alaihiwasalam. Rasul bersabda, barang siapa tidak menggunakan topi kieu, maka akan masuk neraka. Pasti payu.

Contoh, tukang restoran hayang payu, jieun weh hadist. Matakna kudu ngaji ge mang, mana hadist shahih, mana hadist doib. Beli buku al shohihah al bani, nanti dipisah, mana yang shahih mana yang doib.

Tanya dulu, dalilnya ada gak, misalnya dalilnya ada tapi tidak kuat. Setelah hijrah itu tarbiyah. Komat juga ada yang sekali allahuakbarnya, ada yang dua kali, jangan ribut. Dua duanya ada dalilnya.

Komat bedanya wa, redaksinya. Segitu juga udah bid’ah. Contoh lagi, di surat Al Fatihah.

Sebelum amin, imam menyebut robigfirli amin. Coba dibuka suratnya, ada gak robigfirli.

Saya bukan menyatakan robigfirli itu jelek, Coba kutil itu jelek ga, kutil itu nempel di kulit. Paham gak maksudnya.

Kamil itu sempurna, gak sempurna itu kalau ditambahan atau dikurangan. Itu nabi yang paling hafal soal ayat mah.

Terkait nisfu syaban, jaman nabi itu memang ada bulan syaban. Tapi gak ada nisfu, yang diamalkan hanya di Indonesia versi on the spot. Di kita mah kan riweuh, jurig teh pocong, da dil luar negeri mah ga ada pocong.

Tahun lalu, Evie Effendi sempat dilaporkan ke Ditreskrimsus Polda Jabar karena ceramahnya yang menyebut Nabi Muhammad SAW sempat tersesat. Kasusnya sempat jadi penyidikan namun belakangan dihentikan penyidikannya.

(arf/pojokjabar/izo/rs)

Pos terkait

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *