Pagi-pagi Hotman Paris Posting Konten Hoax Gempa Cianjur, Begini Isinya

Hotman Paris Hutapea
Hotman Paris Hutapea. (foto : Istagram)

JAKARTA — Sebuah konten yang diklaim memperlihatkan pergeseran tanah di Kabupaten Cianjur, saat terjadi gempa 5,6 M pada Senin (21/11/2022) diposting Hotman Paris Hutapea di Akun Instagramnya @hotmanparisofficial.

Dalam Caption yang di publis Hotman paris Jumat (25/11/2022) menuliskan ‘Gempa Cianjur’ Sontak para pengikutnya yang berjumlah 7 Juta tersebut berkomentar. Ada yang mempercayai kabar tersebut ada yang memberikan klarifikasi bahwa konten yang di unggah adalah berita palsu atau hoax.

Bacaan Lainnya

Tercatat sudah ratusan nitizen membanjiri unggahan Hotman Paris tersebut, bahkan salah seorang pengikutnya memberitahu bahwa konten tersebut bukanlah di Cianjur, tetapi didaerah Palu Makassar. “izin bang ini hoax beritanya Palu, ujar aku Bcdefgh.

HOAX : Konten Video yang merupakan Video Hoax Cianjur, padahal merupakan Gempa Palu
HOAX : Konten Video yang merupakan Video Hoax Cianjur, padahal merupakan Gempa Palu

Setelah banyak yang memberikan tanggapan kabar palsu, Hotman Paris akhirnya menghapus konten video tersebut setelah bertahan dua jam.

Cek Fakta 

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta, konten tersebut bukan memperlihatkan pergeseran tanah yang terjadi saat gempa melanda Cianjur. Konten itu berasal dari unggahan YouTube KompasTV, 6 Oktober 2018, yang memperlihatkan citra satelit likuifaksi tanah di komplek perumahan Petobo, Palu, Sulawesi Tengah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *