PT PLN Persero Gaungkan K3 di Lingkungan Kerja

PT PLN Persero Gaungkan K3

SUKABUMI – PT PLN (Persero) menyelenggarakan safety town hall meeting. Hal ini, dilakukan sebagai upaya mendorong implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), safety culture serta meningkatkan awareness tentang implementasi keselamatan ketenagalistrikan untuk mewujudkan zero accident.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN terus memberikan pelayanan ketenagalistrikan yang optimal dan berkelanjutan. “Karena itu, diinstruksikan pada seluruh PLN Group untuk selalu disiplin dalam menerapkan K3,” kata Darmawan kepada wartawan, Senin (13/3).

Bacaan Lainnya

Lanjut Darmawan, seluruh insan PLN group agar implementasi K3 tidak hanya hangat saat momen Bulan K3 Nasional, melainkan juga pada tiap saat menunaikan tugas. “Sebab safety dalam ketenagalistrikan tidak hanya dipengaruhi satu faktor, melainkan oleh deretan faktor lainnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Darmawan mengungkapkan bahwa 60 persen kecelakaan kerja ada pada sector distribusi listrik. Misalnya saja, saat terjadi banjir di Jakarta, beberapa kasus fatal yang terjadi justru muncul dari kasus kesetrum.

“Keamanan sudah harus menjadi budaya di lingkungan PLN. Tidak cukup bicara peralatan, perlengkapan, dan standar operasional prosedur (SOP),” bebernya.

Darmawan mengingatkan, setiap insan PLN untuk peduli pada risiko kerja. “Risiko ini, tidak hanya dipetakan, tapi juga bicara kultur dan kondisi inilah yang harus diperhatikan,” ucapnya.

Sementara itu, EVP K3L PLN Komang Parmita menambahkan, safety town hall meeting di samping menjadi agenda rutin tahunan dan menaikkan kelas K3, juga untuk mencermati dinamika isu yang berkembang yaitu kecelakaan instalasi.

Komang bercerita mengenai peristiwa pada akhir tahun 2022 lalu saat wilayah Indonesia diramalkan terjadi cuaca ekstrem.

Di mana Dirut PLN waktu itu mengambil inisiatif langkah preventif bahkan terjun langsung ke lapangan. “Dengan cara itu, PLN tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tambahnya.

Program K3 di PLN selama ini berjalan dengan baik. Indikatornya, tingkat kecelakaan tiga tahun terakhir bisa turun 52 persen. “Kami optimis dapat menurunkan kecelakaan kerja, zero fatality dapat diwujudkan dengan disiplin penerapan K3,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait