Tips Merawat Panel LCD Speedometer Sepeda Motor

Panel LCD Speedometer Sepeda Motor
Panel LCD Speedometer Sepeda Motor

RADAR SUKABUMI – Produk sepeda motor terbaru selalu mengusung teknologi terbaru dan modern untuk memanjakan konsumen. Termasuk panel meter yang kini menggunakan model Liquid Crystal Display (LCD).

Panel meter memiliki banyak fungsi diantaranya menampilkan beragam macam informasi tak hanya indikator kecepatan saja, tapi juga ada tachometer, odometer, fuel meter, gear indicator dan beberapa varian speedometer sudah bisa menampilkan tambahan informasi seperti jam digital, average fuel consumption, bahkan bisa memberikan peringatan untuk kapan mengganti oli atau oil change indicator.

Bacaan Lainnya

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman menjelaskan, “Panel speedometer juga terkadang mengalami beberapa masalah di beberapa komponen terutama di bagian layar yang sudah dilengkapi LCD (Liquid Crystal Display) sehingga mengganggu aktivitas berkendara, Diantaranya, layar LCD yang mengembun, layar LCD sunburn atau ngeblank dan terkadang muncul kondisi layar speedometer yang berkedip atau tampilannya memudar.”

“Karena pentingnya komponen ini, maka panel meter speedometer jangan luput untuk mendapat perawatan,” ujar Ade.

Honda GenioBerikut beberapa tips untuk merawat Panel LCD Speedometer sepeda motor, diantaranya :

Jaga Kebersihan Panel Speedometer
Sama dengan bagian lainnya, komponen speedometer juga jangan luput untuk mendapat perhatian terutama soal kebersihannya. Jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama, Segera cuci dan bersihkan dengan kain lap yang lembut supaya tidak merusak bagian kaca atau mika.

Mengelap bagian mika juga supaya untuk menghindari gejala panel speedometer yang mengembun jika terdapat retakan.

Simpan Ditempat yang Teduh
Untuk menghindari panel speedometer mengalami kerusakan yang disebabkan terpaan sinar matahari. Disarankan untuk menyimpan atau parkir sepeda motor di tempat yang teduh atau terhindar dari sinar matahari secara langsung, bisa memilih tempat parkir di area indoor atau jika terpaksa disimpan ditempat terbuka, diusahakan untuk menutupnya dengan cover atau benda lainnya yang aman.

Antisipasi lainnya, bisa melapisi mika panel speedometer dengan plastik Film yang biasa dipasang di kaca-kaca mobil, kita bisa pilih yang 20 persen atau 30 persen bahkan warna plastic filmnya juga banyak pilihan, bisa pake yang bernuansa biru, hijau, atau gelap, intinya kita bisa setting tingkap gelapnya agar indikator di speedometer tetap dapat terlihat.

Jaga Kondisi Baterai atau Aki
Aki atau baterai sepeda motor memang menjadi komponen yang paling penting, sehingga jika terjadi kerusakan atau tegangannya sudah lemah maka akan merembet pada masalah yang lainnya, salah satunya panel speedometer. Seperti panel speedometer yang berkedip atau memudar.

Untuk itu, selalu jaga kondisi baterai. Cek tegangan baterai, dan jika kondisi aki sudah mulai melemah bisa melakukan isi ulang, tapi jika baterai sudah rusak untuk menjaga kondisi kelistrikan sepeda motor tetap prima, langkah yang tepat adalah menggantinya dengan yang baru.

Sehingga jika kondisi kelistrikan sepeda motor dalam kondisi normal dan prima, semua komponen kelistrikan sepeda motor termasuk diantaranya panel meter LCD sepeda motor akan selalu dalam kondisi prima dan awet. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *