Mukid Sulap Koran Bekas Menjadi Kerajinan Menarik

Sementara itu, menurut Mukhid, proses pengerjaan sendiri membutuhkan waktu cukup lama, untuk kerajinan berukuran 1 meter dapat ia selesaikan selama 7 hari, jika ukuran 2 meter membutuhkan waktu 15 hari.

Sementara, ukuran mini 50 centimeter diselesaikan selama 5 hari. “Tingkat kesulitan pengerjaan, jenis model yang dikerjakan, hal itu yang membutuhkan waktu cukup lama,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Meskipun berbahan dasar koran bekas, dirinya menjamin kualitas kerajinannya bisa bertahan lama. Karena, lanjut dia, hasil akhir kerajianan sudah dilapisi cairan khusus yang dapat mengawetkan sehingga kerajinan bertahan lama. Selaian membiat awat, cairan kimia juga berfungsi membuat produk lebih mengkilap dan menarik.

“Saat ini saya kesulitan modal, karena sudah dua tahun terakhir saya tidak bekerja. Akhirnya, untuk menambah modal saya menggunakan uang hasil jualan,” keluh dia.

Waktu kesehariannya dimanfaatkan untuk melinting koran bekas maupun memotong bahan dan merangkai kerajinan. “Bagaimanapun saya tetap bersyukur, mengingat mencari pekerjaan sangat sulit. Dengan kerajinan ini saya dapat menghidupi keluarga,” tutupnya.

 

(yud/JPC)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *