Mau Kerja di Bank? Perhatikan Kelebihan dan Kekurangannya Dulu di Sini! 

Pegawai Bank
ilustrasi Pegawai Bank

BISA dikatakan, cukup banyak orang yang mendambakan bisa kerja di bank, terutama para fresh graduated. Pasalnya, adanya gambaran pekerjaan yang enak, ruangan menggunakan AC serta gaji yang besar menjadi alasan kenapa profesi ini begitu diminati.

Namun, apakah faktanya pegawai di bank mendapatkan semua gambaran menarik tersebut?

Bacaan Lainnya

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas kelebihan dan kekurangan bekerja di bank yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk memilih pekerjaan ini. Agar bisa direkrut oleh perusahaan, Anda juga bisa periksa situs ini untuk mendapatkan referensi CV kerja di bank yang berkualitas dan menarik.

Kembali ke pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan bekerja di bank, silakan simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Kelebihan Bekerja di Bank

Tidak dimungkiri bahwa ada beragam kelebihan bekerja di bank yang akan didapatkan. Tentu, kelebihan ini juga menjadi daya tarik dari para pencari pekerjaan untuk mendapatkan posisi di sebuah bank.

Adapun beberapa kelebihan bekerja di bank diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Gaji yang relatif besar

Besaran gaji memang menjadi pertimbangan penting ketika hendak mencari sebuah pekerjaan yang baru. Jika dibandingkan dengan industri lainnya, rata-rata gaji pegawai bank di tingkat entry level berada di kisaran UMR.

Tentu, besaran gaji ini cenderung relatif tinggi. Terlebih, untuk seorang fresh graduated yang sebelumnya belum memiliki pengalaman bekerja di sebuah perusahaan atau industri.

  1. Adanya bonus tahunan dan insentif

Para pekerja di sebuah perbankan akan mendapatkan bonus tahunan dan juga insentif. Baik bonus atau insentif yang diberikan tersebut berasal dari laba yang didapatkan perusahaan dan dibagikan kepada para karyawan.

Tentu, besaran bonus tahunan yang diberikan berbeda-beda tergantung kebijakan dari perusahaan. Selain itu, waktu pemberian insentif pun berbeda-beda. Ada pemberian insentif setelah mencapai target atau setiap 3 bulan.

Meskipun dengan besaran yang berbeda dan mekanisme pembagian yang berbeda pula, namun hal ini tetap akan memberikan keuntungan tambahan bagi karyawan perbankan.

  1. Lowongan yang terbuka untuk semua jurusan

Kelebihan lain dari bekerja di perbankan adalah lowongan yang cenderung lebih terbuka. Hampir di setiap tahun perbankan membuka lowongan pekerjaan dalam jumlah yang cukup besar. Tidak hanya itu, lowongan pekerjaan tersebut diberikan bagi para pencari kerja yang berasal dari jurusan apapun.

Kondisi ini tentu akan memudahkan para fresh graduated untuk mendapatkan pekerjaan. Terlebih, untuk beberapa jurusan yang cenderung susah mendapatkan pekerjaan tanpa pengalaman.

  1. Jam kerja relatif teratur

Perbankan memiliki jam operasional yang teratur, oleh karenanya karyawan perbankan juga akan memiliki jam kerja yang relatif teratur. Secara umu, rata-rata jam kerja adalah setiap Senin hingga Jumat mulai dari jam 8 pagi hingga 5 sore.

Beberapa hal di atas adalah ragam kelebihan bekerja di perbankan untuk pertimbangan memulai karier. Sebagai tambahan, seorang pekerja bank nantinya akan mendapatkan kemudahan pengajuan kredit.

Kekurangan Bekerja di Bank

Meskipun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti tidak ada kekurangan bekerja di bank. Ada beberapa kekurangan terkait bekerja di bank yang juga perlu diketahui, yaitu:

  1. Persaingan cukup tinggi

Dikarenakan membuka lowongan untuk semua jurusan –pada posisi tertentu, bisa dipastikan banyak pihak yang akan mendaftar. Dalam hal ini, persaingan mendapatkan posisi pun akan cenderung lebih ketat sehingga mereka yang memiliki kompetensi yang akan unggul.

  1. Kejar target

Jika Anda membayangkan pekerjaan di bank mudah, maka Anda salah besar. Pasalnya, ada target yang dibebankan untuk tiap divisi atau bahkan tiap orang. Misalnya, divisi marketing harus mendapatkan target dana tabungan minimal 1 miliar setiap bulan.

Selain kejar target, pekerja di bank juga harus bersiap untuk lembur. Meskipun memiliki jam operasional yang tertata, namun di waktu menjelang akhir bulan atau akhir tahun, ada target pekerjaan yang harus diselesaikan sehingga seringkali harus lembur.

  1. Siap memberikan pelayanan

Industri perbankan merupakan industri yang mengedepankan pelayanan. Oleh karenanya, setiap pekerja di bank harus siap melayani nasabah dengan penuh semangat dan senyuman dalam keadaan apapun. Tidak hanya itu, para pekerja di bank juga harus siap untuk menghadapi komplain atau kemarahan nasabah dengan tetap bersikap profesional.

  1. Tingkat stress yang lebih tinggi

Kekurangan lain dari bekerja di bank adalah tingkat stress yang lebih tinggi. Bisa dikatakan ini adalah tantangan yang harus siap dihadapi.

Seperti yang dibahas di awal, bekerja di bank tidak semudah gambaran. Adanya target yang harus dipenuhi, persaingan karyawan untuk menjaga kinerja atau tantangan menghadapi nasabah merupakan sebab para karyawan bank rentan dengan stress.

Sebagai tambahan, terkait kekurangan bekerja di bank, ada risiko mengganti uang jika terjadi kesalahan dalam perhitungan. Serta, ada pertimbangan dari segi agama tentang hukum bekerja di bank yang perlu diperhatikan.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang kelebihan dan kekurangan bekerja di bank untuk pertimbangan Anda dalam memilih pekerjaan dan memulai karier. Semoga bermanfaat.(*)

Pos terkait