Harga Telur Ayam di Kota Sukabumi Masih Tinggi Rp32 ribu perkilogram

pedagag telur di Pasar Tradisional Kota Sukabumi
Kondisi salah satu kios pedagag telur di Pasar Tradisional Kota Sukabumi

SUKABUMI– Akibat masih berkurangnya pasokan, harga telur ayam di Kota Sukabumi hingga saat ini tergolong masih tinggi. Bahkan, komoditas tersebut saat ini berada di angka Rp32 ribu perkilogram.

“Hasil monitoring kami di Pasar Pelita dan Tipar Gede, harga telur ayam masih tinggi bahkan alami kenaikan terus,” ujar Kasi Perdagangan Dalam Negeri, pada Dinas Koperasi, UMKM, Perindutrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, M. Rifki kepada Radar Sukabumi, Minggu (4/6).

Bacaan Lainnya

Rifki mengungkapkan, awal kenaikan pada telur ayam, terpantau sejak dua pekan lalu. Dimana kata Rifki, saat itu harganya berada di Rp31 ribu perkilogram dari sebelumnya Rp30 ribu perkilogram.

“Namun, sepekan kemudian menunjukan kenaikan kembali, dimana harga telur sampai saat ini berada di level Rp32 ribu perkilogram,” terang dia.

Ia mengaku, belum bisa memastikan kapan komoditas tersebut normal kembali atau tidak jauh dari harga dasar sebesar Rp25 ribu perkilogram. “Kenaikan pada telur ayam itu dikarenakan pasokanya berkurang sedangkan permintaan tetap, sehingga harga terkoreksi naik. Tapi, mudah-mudahan harganya bisa kembali normal,” harap Rifki.

Selain itu juga, dalam pemantauan yang dilakukan, ada sejumlah Bahan Pokok Penting (Bapokting) yang alami penurunan harga. Diantaranya, cabai merah besar TW dari Rp38 ribu menjadi Rp35ribu perkilogram, dan cabai merah besar lokal yang saat ini berada dikisaran Rp45 ribu dari Rp55 ribu perkilogram.

“Tapi, untuk tomat kecil naik harganya dari Rp8 ribu menjadi Rp10 ribu perkilogram,” tambah dia.

Sementara untuk harga komoditas lainya, lanjut Rifki, masih terpantau stabil, seperti beras, minyak goreng, garam, terigu, bawang putih, gula, terigu dan bawang merah. “Begitu juga, flutuaktif harga masih dalam batas kewajaran, serta ketersediaan masih tergolong aman dan lancar,” pungkasnya. (Iki/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *