EKONOMI

Harga Daging Ayam dan Telur Terjun

SUKABUMI — Harga daging ayam potong dan telur ayam ras di pasar Kabupaten Sukabumi, menurun. Seperti yang terjadi di Pasar Semi Modern Palabuhanratu, harga daging ayam potong turun sejak sepekan ke belakang, dari harga sebesar Rp 40.000 menjadi Rp 38.000 per kilogram. Sedangkan, harga komoditas lainnya telur ayam dari Rp 27.000 menjadi Rp 26.000 per kilogram.

Salah seoeang petugas pencatat harga Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Semi Modern Palabuhanratu, Maulana menjelaskan, selain harga daging dan telur harga gula pasir juga mengalami penurunan yakni, dari Rp 15.000 turun menjadi Rp 14.000 per kilogram.

“Penurunan harga ini terjadi akibat pasokan barang melimpah sedangkan permintaan dari pembeli masih sedikit,” jelas Maulana kepada wartawan.

Lebih lanjut Maulana, adapun harga komuditas lainnya yang masoh normal diantaranya, Beras Premium masih Rp 11.000 per kilogram, minyak goreng kemasan Rp 13.000 per kilogram, cabai merah keriting Rp 20.000 per kilogram, cabai merah besar Rp 30.000 per kilogram, cabai rawit hijau Rp 20.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp 35.000 per kilogram, bawang merah Rp 45.000 per kilogram, bawang putih Rp 20.000 per kilogram.

“Harga daging kerbau dan daging sapi sejauh ini masih normal,” ucapnya.

Menurutnya, sudah beberapa pekan ini memang tidak ada perubahan harga sembako secara signifikan, baik penurunan maupun kenaikan, masih kisaran normal.

“Untuk mengantisipasi permainan harga kita akan pantau terus harga setiap hari, karena biasanya mendekati lebaran harga-harga sembako naik,” paparnya.

Sementara itu, salah seorang pembeli, Rina Herlina (30) mengaku, dengan penurunan harga ini dapat menjadi kesempatan bagi para konsumen untuk belanja lebih banyak.

“Karena biasanya menjelang beberapa hari Idul Adha semua harga sudah mengalami kenaikan. Sehingga pembeli bisa menyiasatinya dengan belanja komuditas sayuran saat ini haganya belum melonjak,” singkatnya. (bam/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button