Tips Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC, Langsung Dingin

suasana rumah yanh sejuk
Ilustrasi suasana rumah yanh sejuk-Pexels.com/Pixabay-

JAKARTA — Cuaca yang panas di luar rumah membuat ruangan menjadi terasa gerah dan sesak. Akibatnya, tak jarang untuk menyalakan kipas ataupun AC untuk menyejukkan ruangan seharian. Hal ini tentunya dapat membuat konsumsi listrik menjadi boros.

Hawa panas di dalam rumah disebabkan karena kurangnya ventilasi untuk udara bersirkulasi, sehingga udara panas akan terjebak di dalam rumah. Padahal, banyak sekali yang bisa dilakukan untuk menyejukkan rumah tanpa perlu menyalakan AC.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara membuat rumah sejuk meski tanpa menggunakan kipas ataupun AC.

1. Rutin membuka jendela

Salah satu penyebab panasnya ruangan yaitu karena kurangnya sirkulasi udara. Akibatnya, hawa panas akan terjebak di dalam ruangan. Untuk mengatasinya, cobalah untuk membuka jendela ruangan. Biarkan udara alami bertukar dengan udara di dalam ruangan, sehinga akan menyejukkan ruangan.

Buka jendela mulai dari pagi hari saat udara masih sejuk dan segar. Tutup jendela saat menjelang sore hari, untuk menghindari masuknya nyamuk.

2. Matikan lampu saat siang hari

Lampu menjadi salah satu sumber penerangan di dalam rumah. Namun, penggunaan lampu harus diperhatikan waktunya. Hindari menyalakan lampu di siang hari, karena akan membuat ruangan menjadi panas. Lampu menghasilkan sinar pijar yang dapat memanas seiring waktu pemakaian.

Utamanya, sinar dari lampu pijar menghasilkan panas lebih tinggi dari lampu LED. Sebaiknya, ganti lampu pijar menjadi LED. Lampu LED mengonsumsi sedikit daya namun memiliki penerangan yang sama dengan lampu pijar biasa.

3. Usahakan tidak memasak saat siang hari

Kegiatan memasak tentunya perlu menyalakan kompor. Selain itu, peralatan lain seperti oven dan microwave juga mungkin perlu untuk dinyalakan. Peralatan tersebut menghasilkan panas yang cukup tinggi, apalagi jika dinyalakan saat siang hari. Tentunya dapur serta seisi rumah akan terasa panas dan gerah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *