Ini 5 Makanan untuk Perbaiki Fungsi Ginjal, Buruan Dicoba Yuk

penyakit ginjal
Ilustrasi penyakit ginjal-pixabay

JAKARTA — Fungsi utama ginjal adalah membuang kotoran dari makanan ke tubuh melalui urine. Selain itu, ginjal juga bertugas untuk menjaga keseimbangan mineral dan cairan dalam tubuh.

Ketika fungsi ginjal menurun, kotoran dalam tubuh bisa menumpuk dan memicu kerusakan organ. Jika hal ini terjadi, penderitanya perlu menjalani pengobatan tertentu dan menjaga asupan makanan sehari-hari.

Bacaan Lainnya

Namun jangan khawatir, ternyata ada sejumlah makanan yang bisa perbaiki fungsi ginjal. Dilansir dari alodokter, berikut sejumlah makanan yang direkomendasikan:

1. Bawang

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penderita penyakit ginjal sangat disarankan untuk membatasi asupan natrium atau garam. Nah, sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan bawang untuk menambah cita rasa pada makanan, misalnya bawang putih atau bawang bombay.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber lemak sehat yang rendah kalium, natrium, dan bebas fosfor sehingga termasuk pilihan minyak yang tepat bagi penderita penyakit ginjal. Minyak ini juga cocok digunakan untuk memasak.

3. Ikan

Ikan termasuk pilihan makanan yang baik untuk memperbaiki fungsi ginjal, terutama jenis ikan yang kaya asam lemak omega-3 serta rendah natrium, kalium, dan fosfor. Contohnya adalah ikan salmon, ikan tuna, ikan kembung, atau ikan sarden.

Asam lemak omega-3 berperan penting dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah pada penderita penyakit ginjal. Meski begitu, ikan sebaiknya dikonsumsi maksimal 2–3 kali seminggu.

4. Dada ayam tanpa kulit

Dada ayam tanpa kulit dikenal sebagai salah satu asupan protein yang baik. Meski termasuk nutrisi yang perlu dibatasi oleh beberapa penderita penyakit ginjal, asupan protein yang cukup tetap penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.