Life & Love

Doa Berlindung dari Rasa Malas

×

Doa Berlindung dari Rasa Malas

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi doa.-muhamed_hassan-pixbay
Ilustrasi doa.-muhamed_hassan-pixbay

MALAS GERAK alias Mager akan sangat menghambat seseorang dalam menjalankan aktivitas bermanfaat di tengah masyarakat. Malas juga dapat mengakibatkan hal negatif bagi seseorang, karena tidak mendapatkan kebaikan hingga yang bernilai guna bagi dirinya.

Orang yang sedang mager, tentu akan tidak bersemangat dan hanya bermalas-malasan. Duduk-duduk, rebahan hingga sikap malas-malasan lainnya yang ditunjukkan seseorang saat datang rasa malas tersebut.

Oleh karenanya, doa berlindung dari rasa malas sangat dianjurkan ketika seseorang dihinggapi mager. Sebab, terkadang seseorang tidak menyadari saat dirinya tengah dihinggapi rasa malas.

Seperti menunda pekerjaan, kemudian menumpuk semakin banyak dan waktu luang menjadi sangat sempit. Untuk kehidupan sehari-hari, Rasulullah memang sudah mewanti-wanti akan kelalaian seorang muslim ketika mendapatkan dua anugerah ini, yaitu sehat dan waktu yang luang.

Di waktu sehat terkadang seseorang jarang memanfaatkannya untuk melakukan ketaatan kepada Allah subhanahu Wa Taala. Nah, agar tidak lalaikan waktu dan tidak bermalas-malasan, doa berlindung dari rasa malas perlu dipanjatkan.

Berikut ini doa berlindung dari rasa malas yang diajarkan Rasulullah.

Sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari, dari Anas bin Malik radliyallahu ‘anh menyebutkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah memohon perlindungan dengan berdoa:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal kasali wa a‘ûdzubika minal jubni wa a‘ûdzubika minal harami wa a’ûdzubika minal bukhli.

Artinya: Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pelit.

Demikian doa berlindung dari rasa malas, semoga kita selalu dilindungi Allah Subhanahu Wa Ta’ala dari segala hal yang menyebabkan malas melakukan ketaatan atau menjalani hal kemaslahatan.(*)