Ini 5 Tips Merawat Sepatu agar Tidak Cepat Rusak

Ilustrasi : Cara Merawat Sepatu Agar Awet, (Foto : Ist)

OLAHRAGA menjadi kebutuhan hidup. Memasuki masa pandemi hampir semua orang memasukan jadwal olah tubuh dalam kegiatan sehari-hari mereka, termasuk Anda tentunya. Sudahkah Anda menemukan jenis olahraga apa yang diminati, sebagai bentuk upaya menjaga kesehatan tubuh serta menaikan imunitas selama masa pandemi?

Banyak cara menyenangkan yang bisa dilakukan untuk membakar kalori, salah satunya dengan berjalan santai, sedikit modal yang dibutuhkan juga memudahkan. Tidak terikat dengan waktu maupun tempat, bisa dikerjakan di mana saja kapan saja, bahkan seorang diri masih bisa melakukan kegiatan tersebut.

Terpenting dari proses ini adalah memastikan alas kaki yang nyaman digunakan. Bayangkan saja jika Anda berjalan kaki setiap hari minimal 30 menit, dengan alas kaki yang tidak nyaman, tentu akan menyebabkan cedera pada kaki.

Sangat disayangkan jika rutinitas olahraga yang dilakukan menjadi tragedi tak terduga. Sepatu  Vans Old Skool bisa dijadikan pilihan menemani aktivitas Anda, ukurannya bisa disesuaikan kebutuhan.

5 Cara Merawat Sepatu Agar Awet

Ada beberapa hal perlu diperhatikan untuk menjaga sepatu lebih awet. Baca 5 tips merawat sepatu di bawah sampai selesai, Anda akan terkejut bisa mendapatkan cara merawat sepatu agar tidak bau.

  1. Jauhkan dari air

Sepatu jenis apapun tidak suka dengan air. Bahan kanvas atau kulit sama saja, tidak suka dengan air. Maka dari itu, jauhkan sepatu dari air, supaya sepatu yang Anda miliki panjang umur. Bisa memiliki barang awet berumur panjang pasti senang, selain puas menggunakannya juga terbukti bahwa Anda, mampu merawat barang dengan apik.

Caranya mudah saja, cukup langsung dijemur setiap kali sepatu basah. Untuk sepatu berbahan kulit dan sejenisnya tentu cukup dilap menggunakan kain khusus berbahan lembut. Agar tidak meninggalkan bekas. Cara ini juga bisa dilakukan jika Anda sayang menyangi sepatu tersebut. Juga bisa dijadikan sebagai cara merawat sepatu agar tidak mengelupas.

  1. Langsung dibersihkan

Tips kedua ini terlihat sepele, namun sering sekali diabaikan banyak orang. Bisa jadi karena lelah setelah beraktifitas, hal kecil seperti ini terabaikan. Setiap kali Anda mendapati sepatu kotor, sebisa mungkin langsung saja dibersihkan.

Gunakan deterjen atau sabun pencuci piring. Untuk sepatu berbahan kanvas tidak berlaku point ini, cukup dibersihkan dengan tisu atau bahan lembut lainnya terlebih dahulu saat mendapati sepatu kotor.

Bahan sepatu yang Anda miliki sangat penting diketahui sebelum mempraktekan tips mudah ini.

  • Sabun tidak dituang pada permukaan sepatu secara langsung, tuang pada wadah terlebih dahulu, baru kemudian dicampur dengan air, aduk hingga merata membaur dengan air. Setelah itu barulah Anda bisa menuang sedikit pada permukaan sepatu yang kotor. Tentunya setelah sepatu dibasahi sebelumnya.
  • Gunakan sikat gigi atau sikat dengan kuas lembut. Wajib sekali membedakan sikat pakaian dan sepatu. Sebab tekstur pada sikat pakaian cenderung kasar, kurang tepat jika digunakan untuk membersihkan sepatu Anda.
  • Gunakan penghapus pensil. Ini digunakan pada alas sepatu yang kotor berbahan karet. Coba bersihkan dengan penghapus terlebih dahulu sebelum disikat dengan deterjen. Jika dengan ini saja noda sudah hilang, tidak perlu dilanjutkan langkah menyikat tentunya.
  1. Hindarkan dari matahari langsung.

Jemur di tempat yang cukup mendapat sinar matahari namun tidak secara langsung. Ini bermanfaat menjaga sepatu tidak mengelupas, serta menjaga warnanya tidak cepat pudar. Bisa jadi cukup diangin-angin saja, digantung di luar rumah namun tetap terlindung atap. Bisa juga menyesuaikan dengan kondisi dan situasi hunian yang ditinggali saat ini.

  1. Taburi talek

Sesekali taburi sepatu Anda dengan bedak tabur. Untuk sepatu berbahan sintetis atau kulit kelembaban lebih tinggi, saat digunakan cenderung lebih mudah berkeringat dan mengundang aroma kurang sedap, agar keringat cepat kering dan tidak meninggalkan bau, sesekali taburi bedak, atau beri pengharum khusus. Banyak pilihan aroma yang bisa Anda dapati. Mudah sekali bukan, menjaga sepatu Anda tidak menimbulkan bau?

Selain rajin membersihkannya saat kotor, cara satu ini cukup efisien menghilangkan aroma khas pada sepatu yang lembab. Selamat tinggal bau pada sepatu, sudah sepantasnya Anda bisa mengucapkan kata selamat tinggal dengan bangga, karena sudah menemukan tips mudah anti bau pada sepatu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *