Ternyata 70% Air Minum di Indonesia Terkontaminasi Tinja, Ini Ciri-cirinya

Ilustrasi Galon
Ilustrasi Galon (Foto: shutterstock)

JAKARTA — Tahukah kamu tentang studi terbaru mengenai kualitas air di Indonesia? Ternyata, tidak semua air minum itu sehat. Di beberapa negara, kualitas airnya sangat terjamin sampai bisa diminum langsung dari keran. Sayangnya, Indonesia belum bisa seperti itu.

Faktanya, 70 persen sumber air minum di rumah tangga Indonesia justru terkontaminasi tinja. Hal ini ditemukan dalam studi Kualitas Air Minum Rumah Tangga (Kementerian Kesehatan) pada tahun 2020 lalu.

Studi ini menyertakan lebih dari 20 ribu sumber air minum rumah tangga di Indonesia. Sementara secara global, berdasarkan laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya 2 miliar orang menggunakan sumber air minum tercemar tinja.

Tentunya, kontaminasi ini bukanlah masalah sepele. Air minum tercemar tinja punya banyak sekali dampak buruk pada tubuh, salah satunya menyebabkan diare yang jadi penyebab utama kematian balita.

Selain diare, ada juga beberapa penyakit lain yang disebabkan oleh kontaminasi tinja. Sebut saja kolera, disentri, tipus, dan polio, serta beberapa jenis infeksi saluran pernapasan akut.

Mengapa Bisa Terjadi?

Berdasarkan data terbaru dari United Nations Children’s Fund (Unicef), Indonesia memang sudah berhasil memperbaiki sanitasi dasar di seluruh negeri. Namun sebenarnya, hanya kurang dari 8% rumah tangga yang memiliki toilet yang terhubung langsung ke septic tank tertutup.

Bahkan, kebanyakan orang hampir tidak pernah memeriksa septic tank dalam kurang waktu 3-5 tahun sekali. Padahal itu adalah salah satu aspek penting yang menentukan seberapa tercemar sumber air minum.

Jika dibiarkan tak terurus, air kotor dan tinja bisa meresap ke lingkungan sekitar dan mencemari sumber air minum terdekat.

Ciri-ciri Air Terkontaminasi Tinja

Walaupun begitu mengerikan, tapi masih banyak masyarakat yang belum sadar akan risiko tersebut. Tapi kamu bisa melakukan beberapa hal untuk terhindari dari dampak negatif konsumsi air tercemar tinja.

Untuk saat ini, kamu mungkin bisa memerhatikan beberapa ciri air minum terkontaminasi tinja sehingga sebisa mungkin menghindarinya:

Berikut adalah ciri-ciri air terkontaminasi tinja yang wajib kamu waspadai

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *