Penglihatan Semakin Buram Jadi Gejala Katarak, Ini yang Musti Dilakukan

dr Indira Silviandari SpM
Dokter Spesialis Mata Mayapada Hospital Bogor BMC, dr. Indira Silviandari, SpM

BOGOR —  Katarak menjadi penyakit yang banyak dikeluhkan masyarakat khususnya di usia lanjut. Akibatnya banyak aktivitas terganggu karena buram penglihatan.

Dokter Spesialis Mata Mayapada Hospital Bogor BMC, dr. Indira Silviandari, SpM menjelaskan katarak merupakan penyakit kekeruhan pada lensa mata.

Penyakit ini biasanya paling banyak diakibatkan degeneratif atau faktor usia pasien yang menua. Namun pada beberapa kasus katarak juga menyerang anak baru lahir atau usia muda terutama penderita diabetes.

Gejala awal penyakit katarak ialah penglihatan pasien terasa buram sedikit demi sedikit. Selain itu penderita katarak juga merasa ada kabut pada pandangannya. “Mereka juga merasa lebih nyaman di tempat yang gelap dibanding terang,” imbuh dr. Indira.

Ia mengatakan, kebanyakan penderita katarak justru tidak sadar bahwa dirinya mengalami katarak. Mereka baru datang ke dokter setelah tidak bisa melihat.

“Penanganan katarak tidak bisa dilakukan dengan obat minum atau pun obat tetes. Satu-satunya cara yaitu dengan operasi,” ujarnya.

Berbeda dengan masa lampau kini operasi katarak bisa dilakukan pada katarak di tahap berapa saja. Sehingga pasien tidak perlu menunggu penglihatannya buram atau bahkan tidak bisa melihat sama sekali untuk operasi.

Pos terkait