5 Penyebab Serangan Jantung yang Jarang Diketahui, Jangan Dibiarkan!

Penyebab serangan jantung
Penyebab serangan jantung--Pixabay

JAKARTASerangan jantung merupakan gangguan jantung serius ketika otot jantung tidak mendapat aliran darah. Kondisi ini akan mengganggu fungsi jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Serangan jantung dapat menyebabkan kematian bila tidak segera tertangani.

Serangan jantung kerap disebut sebagai silent killer karena sering disepelekan namun dapat merenggut nyawa. Banyak penelitian menyebutkan penyakit ini terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah yang disebabkan penumpukan lemak, kolesterol yang membentuk plak di arteri.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari alodokter, gejala yang dapat dirasakan penderita serangan jantung adalah nyeri dada, sesak napas atau napas berat, pusing, gelisah, keringat dingin, mual, muntah, atau sakit perut.

Namun, ada juga penderita serangan jantung yang tidak mengalami gejala dan langsung mengalami henti jantung mendadak. Serangan jantung yang parah atau terlambat ditangani bisa menyebabkan beberapa komplikasi berbahaya.

Komplikasi tersebut antara lain gangguan irama jantung atau aritmia, gagal jantung, syok kardiogenik, dan henti jantung.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut penyebab utama serangan jantung yang sering disepelekan.

1. Stres

Salah satu pemicu serangan jantung banyak orang tidak tahu adalah stres, kurang tidur, dan sedih. Masalah itu bisa menjadi pemicu serangan jantung.

2. Polusi Udara

Menghirup udara yang kotor ternyata bisa menyebabkan serangan jantung. Partikel berbahaya dari polusi udara seperti knalpot mobil, pabrik dan lainnya bisa memicu stroke dan serangan jantung.

Pos terkait