5 Cara Atasi Sakit Tenggorokan dengan Secara Alami

5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan
5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan dengan Secara Alami--Freepik/wayhomestudio

JAKARTA — Mengatasi sakit tenggorokan bisa dilakukan dengan cara alami lho. Atasi sakit tenggorokan dengan cara alami ini bisa dilakukan untuk langkah awal.

Namun, bila sakit tenggorokan tak kunjung membaik, obat medis pun menjadi salah satu pilihan pengobatan. Sakit tenggorokan biasanya muncul karena kondisi ketika tenggorokan terasa nyeri, tidak nyaman, gatal, atau kering.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari alodokter, berikut cara mengatasi sakit tenggorokan dengan cara alami:

1. Kumur dengan air

Air garam dapat meredakan rasa sakit dan bengkak pada tenggorokan serta mengencerkan dahak. Berkat manfaatnya ini, air garam sering digunakan untuk meredakan rasa tidak nyaman saat tenggorokan terasa sakit.

Cara mengobati sakit tenggorokan dengan garam cukup mudah. Campurkan ½ sendok teh garam dengan 1 gelas air hangat. Aduk hingga garam larut, kemudian berkumur selama beberapa detik. Ludahkan dan ulangi beberapa kali setiap hari hingga rasa sakit tenggorokan berkurang.

2. Konsumsi madu

Madu dipercaya dapat meredakan iritasi dan sakit tenggorokan. Madu juga memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang dapat melawan bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Dalam memanfaatkan madu untuk mengobati sakit tenggorokan, Anda cukup mengonsumsi 2 sendok teh madu sebelum tidur. Madu juga bisa dikonsumsi langsung atau ditambahkan pada minuman hangat, misalnya teh. Meski bisa menjadi pilihan obat alami untuk sakit tenggorokan, madu tidak boleh dikonsumsi oleh anak usia di bawah 1 tahun.

3. Minum teh hitam hangat

Secangkir teh hitam hangat juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Teh hitam mengandung senyawa tanin yang bermanfaat untuk meredakan pembengkakan, sehingga mengurangi ketidaknyamanan saat sakit tenggorokan.

Sebisa mungkin jangan gunakan air panas karena dapat memicu iritasi tenggorokan dan justru membuat rasa sakit bertambah parah.

4. Kumur dengan larutan baking soda

Berkumur dengan larutan baking soda yang dicampur sedikit garam juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Cara ini dipercaya mampu membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan jamur di mulut maupun tenggorokan.

Cara membuat larutan baking soda cukup dengan mencampurkan 1 gelas air hangat, ¼ sendok teh baking soda, dan sejumput garam. Berkumurlah selama beberapa menit dan ulangi setiap 3 jam sekali.

5. Konsumsi obat-obatan medis

Bila berbagai cara alami di atas tidak efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan yang dialami, penggunaan obat medis pun bisa menjadi pilihan. Namun, penggunaannya perlu disesuaikan dengan penyebabnya sehingga sering kali memerlukan pemeriksaan dokter lebih dulu.

Pos terkait