Catat! Begini Cara Cek Dana BLT El Nino Rp400 Ribu yang Cair Desember 2023

BLT El Nino
Ilustrasi BLT El Nino

RADAR SUKABUMI – Pada Desember 2023 ini, pemerintah menggelontorkan dana bantuan langsung tunai kepada warga terdampak fenomena El Nino atau BLT El Nino. BLT El Nino tersebut yakni sebesar Rp400.000 diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

Seperti diketahui, bahwa BLT El Nino ini berlangsung selama dua bulan, yakni November dan Desember 2023. Sistem penyalurannya melalui transfer langsung ke rekening masing-masing KPM.

Bacaan Lainnya

Adapun cara mengetahui daftar penerima BLT El Nino secara daring. Maka para penerima manfaat dapat mengeceknya melalui link cekbansos.kemensos.go.id Simak caranya berikut ini:

1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.

2. Masukkan nama provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa atau kelurahan.

3. Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai kartu tanda penduduk (KTP).

4. Ketik empat huruf kode, tidak dipisah spasi, sesuai yang tertera dalam kotak kode. Jika kode huruf kurang jelas, klik “refresh” untuk mendapatkan kode baru.

5. Klik “Cari Data”

Setelah itu, halaman situs Kemensos akan menampilkan nama penerima manfaat sesuai nama daerah yang dimasukkan penerima.

Untuk dikerahui, bahwa penerima BLT El Nino, jika kolom Bantuan Pangan Nontunai (BPNT) atau bantuan sembako berstatus “Ya”. Namun, jika penerima manfaat belum memiliki “aplikasi cek bansos”. Maka pilih “buat akun baru” dan isi data pada kolom yang tersedia.

Kemudian klik “buat akun baru” setelah berhasil, data akan diverifikasi oleh Kemensos. Selanjutnya jika sudah terverifikasi maka akun atau user ID akan diaktivasi dan menu pada Aplikasi Cek Bansos dapat Anda akses.

Demikian informasi mengenai BLT El Nino tahun 2023, yang dilansir dari laman Cek Bansos Kemensos ini disampaikan semoga bermanfaat bagi masyarakat (penerima manfaat). (Roni)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *