Cabai Rawit Mahal di Palabuhanratu Sukabumi Tembus Rp90 Ribu, Jelang Nataru

Cabai

SUKABUMI – Menjelang Natal dan tahun baru 2024, harga bahan pokok dan penting (Bapokting) jenis cabai kembali melonjak di Pasar Semi Modern (PSM) Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jumat (6/12).

Kenaikan harga jenis cabai terjadi pada cabai keriting, di mana pada pekan ini harganya mencapai Rp90 ribu per kilogram (kg), dari harga pekan sebelumnya Rp70 ribu per kg. Tidak hanya itu, cabai merah besar yang sebelumnya Rp70 ribu per kg kini menjadi Rp80 ribu per kg.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Maulana, selaku pencatat harga Bapokting di PSM Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, berdasarkan hasil wawancaranya dengan para pedagang, kenaikan harga cabai dipicu akibat petani gagal panen dampak peralihan musim kemarau ke musim penghujan yang saat ini sudah mulai turun dengan intensitas tinggi.

“Hari ini kita mencatat menjelang Natal dan tahun baru harga komoditas semakin tinggi naik, itu harga cabai jenis kriting sejauh ini lumayan signifikan,” ujarnya.

Dari keterangan pedagang, kondisi ini terjadi dampak dari musim kemarau sebelumnya. “Sehingga petani gagal panen, karena beralih sekarang ke musim penghujan,” imbuhnya.

Meski begitu, untuk harga-harga maupun stok untuk kebutuhan lainnya sejauh ini masih terbilang relatif stabil dengan stok aman seperti pekan-pekan sebelumnya. Sementara untuk harga cabai jenis keriting dan merah besar alami kenaikan, dengan pasokan tidak banyak namun terbilang aman.

“Memang untuk stok terutama cabai keriting, sejauh ini aman namun tidak banyak jadi begitu ada barang habis,” terangnya.

Masih kata Maulana, adapun kebutuhan bapokting lainnya yang terbilang masih stabil yakni beras jenis medium Rp13 ribu per kg, jenis premium Rp14 ribu per kg, gula pasir Rp17 ribu per kg, minyak goreng curah Rp16 ribu per kg, minyak goreng premium Rp18 ribu per kg.

Untuk daging sapi dan kerbau masih Rp130 ribu per kg, daging ayam Rp38 ribu per kg, bawang merah Rp22 ribu per kg, bawang putih Rp37 ribu per kg, cabai rawit merah Rp80 ribu per kg serta cabai rawit hijau Rp60 ribu per kg.

“Mudah-mudahan tidak ada kenaikan lagi terutama untuk harga cabai tadi, kita akan pantau tiap hari mengantisipasi kenaikan harga tidak wajar, sehingga dapat kita pantau dan laporan untuk penanganannya,” tandasnya. (ndi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *