Bpjamsostek Gelar Diskusi dengan 70 Anggota Perisai Wilayah Sukabumi

SUKABUMI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Sukabumi menggelar diskusi terkait perlindungan untuk para pekerja khususnya sektor informal dengan Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (PERISAI) wilayah Sukabumi pada Rabu (12/04) di Hotel Balcony.

Diskusi tersebut melibatkan sekira 70 orang anggota Perisai BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi. Hadir dalam kesempatan itu Kepala BPJAMSOSTEK Sukabumi Oki Widya Gandha beserta jajaran. Diskusi kali ini membawa tema “Rapat Evaluasi dan Penyusunan Strategi Triwulan II”.

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi mempunyai 70 anggota Perisai. Sejak Januari hingga Maret 2023, total jumlah akuisisi sebanyak 5.005 pekerja sektor Bukan Penerima Upah (BPU).

Sejak 2018, BPJAMSOSTEK telah resmi meluncurkan sebuah program kegiatan kerja yang bernama Perisai BPJS yang bertujuan untuk memperluas cakupan kepesertaan dan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan khususnya pekerja sektor bukan penerima upah (BPU).

Oki mengatakan, dengan adanya Perisai di Sukabumi sangat membantu badannya untuk menyebarluaskan informasi tentang program-program yang diselenggarakan oleh BPJAMSOSTEK.

“Sosialisasi dan edukasi terus dilakukan guna memastikan para pekerja di sektor informal terlindungi oleh BPJAMSOSTEK,” ucapnya.

Oki menambahkan, untuk program bukan penerima upah (BPU) dengan iuran yang sangat terjangkau sebesar Rp16.800 per bulan untuk dua program manfaat yang diterima sangat besar. Mulai dari pengobatan tanpa batasan biaya jika terjadi risiko kecelakaan kerja, santunan kematian sebesar Rp42 Juta hingga beasiswa untuk dua orang dengan total manfaat sebesar Rp174 juta.

“Sudah banyak contoh para pekerja sektor informal yang merasakan manfaat menjadi peserta BPJAMSOSTEK mulai dari tukang ojek yang mengalami kecelakaan kerja sehingga dirawat di rumah sakit tanpa ada biaya sedikitpun karena semua biaya menjadi tanggungan BPJAMSOSTEK,” lanjutnya

Oki mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh Perisai di wilayah Sukabumi yang telah banyak membantu BPJAMSOSTEK untuk melindungi para pekerja khususnya sektor informal.

Dalam kegian tersebut para Perisai diberikan pelatihan public speaking for marketing oleh Dr Yanti Lestari Pujiastuti M.I.Kom dari Universitas Muhammadiyah Sukabumi yang diharapkan mampu membuat para Perisai lebih percaya diri dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat. (izo)

Pos terkait