58 Tahun BJB Tandamata untuk Negeri. Sinergi, Berinovasi, Siap Hadapi Masa Depan

LAYANAN: BJB Sukabumi memiliki gedung perkantoran yang cukup strategis tepatnya di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kota Sukabumi.

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com, – Kemarin, 20 Mei 2019, genap 58 tahun usia Bank Jabar Banten (BJB) yang telah hadir dan berkontribusi di industri perbankan di Indonesia, serta memberikan berbagai inovasi produk, jasa dan layanan perbankan kepada masyarakat Indonesia.

BJB akan terus bersinergi, berinovasi untuk melahirkan layanan terbaiknya bagi masyarakat Indonesia di masa yang akan datang.

Kinerja gemilang terus ditorehkan oleh BJB, dan telah mendapatkan berbagai macam perhargaan dari lembaga-lembaga dan institusi, baik dari dalam maupun luar negeri.

Di mana hal tersebut akan menjadi pemacu semangat untuk dapat terus meningkatkan dan mempertahankan kinerja perseroan, serta selalu siap untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah dan turut membangun perekonomian, khususnya untuk wilayah Jawa Barat (Jabar) dan Banten.

BJB merupakan Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang kini telah menasional, dan telah tersebar di 14 provinsi di Indonesia, dengan ribuan jaringan kantor.

Tak hanya itu, bank ini juga melakukan spin off atau pemisahan Unit Usaha Syariah (UUS) menjadi BJB Syariah yang kini telah berhasil menjadi perusahaan yang mandiri.

Lagi-lagi, BJB menjadi BPD pertama yang melaksanakan spin off ini yang menunjukan bahwa BJB merupakan BPD terbesar dan terbaik di Indonesia.

Tak lupa akan komitmennya sebagai agen pembangunan, pihaknya terus mendukung program-program pemerintah, khususnya Pemerintah Jabar sebagai pemegang saham pengendali, di mana Pemerintah Provinsi Jabar berpesan kepada BJB agar mengutamakan prinsip tiga pro yakni Profitability, Pro Development, dan Pro Poor.

BJB bertekad untuk lebih meningkatkan ketiga prinsip tersebut, yang saat ini telah ditorehkan di antaranya
Profitability berhasil dibuktikan dengan pencapaian akhir tahun 2018, bank ini mencatatkan kinerja positif dimana raihan laba bersih sebesar Rp1,55 triliun, atau tumbuh 28,1% year on year (y-o-y) atau berada di atas pertumbuhan laba bersih industri perbankan per Desember 2018 yang sebesar 10,36% y-o-y.

Pro Development tergambarkan dari dukungan BJB terhadap pembangunan ekonomi di daerah maupun nasional, melalui pembiayaan kepada sektor infrastruktur yang sejalan dengan target pemerintah untuk memprioritaskan dua sektor tersebut.

Kemudian, sesuai dengan salah satu misi BJB yaitu salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD), di mana BJB merupakan BUMD penghasil PAD terbesar bagi pemerintah kota, kabupaten dan Provinsi Jabar dan Banten.

BJB juga melakukan inovasi dalam hal optimalisasi penerimaan pajak dan kemudahan dalam membayar pajak, seperti Layanan Pembayaran PBB-P2, E-Channel Samsat (E-Samsat), Tabungan Samsat (T-Samsat) dengan tagline “Melawan Lupa” Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang bisa dilakukan melalui sistem cicil atau angsur dan yang terbaru adalah Samsat J’Bret (Jawa Barat Ngabret/Bergerak Cepat) dan Samsat Banten Hebat (Sambat).

Sedangkan Pro Poor diwujudkan dengan mendorong pembiayaan UMKM. Pada Triwulan I 2019, BJB berhasil menyalurkan kredit mikro sebesar Rp5,5 triliun atau tumbuh 11,1%.

Sebagaimana diketahui perekonomian di Provinsi Jabar ditopang salah satunya oleh meningkatnya sektor UMKM.

Peningkatan pertumbuhan kredit di sektor UMKM berhasil dilakukan melalui beberapa strategi yaitu diantaranya program One Village One Company (OVOC) dengan memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) termasuk meningkatkan akses perbankan di masyarakat pedesaan melalui layanan Laku Pandai, program kemitraan dalam menyalurkan Kredit Usaha Rakyat, memperkuat sinergi melalui kerjasama dengan BPR dan Lembaga Keuangan Mikro serta program-program lainnya yang dapat mendorong pertumbuhan sektor UMKM.

Semua pencapaian tersebut tak terlepas dari hasil sinergi, kolaborasi dan Inovasi BJB dengan stakeholder, akan terus ditingkatkan di masa yang akan datang sebagai “Tandamata Untuk Negeri”.

Untuk memanjakan para nasabahnya, BJB juga memanjakan para nasabahnya dalam Semarak 58 Tahun BJB, dengan menghadirkan berbagai macam promo #BJBBagiBagiTandamata bekerjasama dengan berbagai merchant dengan kategori seperti Automotive, Food & Beverage, E-Commerce, Telecommunications, Health, Home Appliances, Lifestyle, Fashion di mana nasabah akan mendapatkan diskon sampai dengan 58%.

Selain itu terdapat program bjb KPR berupa diskon 58% provisi dan biaya administrasi serta promo Kredit UMKM berupa diskon provisi sebesar 58% untuk debitur baru/take over produk Kredit Mikro Utama dan Usaha Kecil Menengah dan merchandise untuk 58 debitur pertama (debitur baru), free voucher (150 ribu – 500 ribu) belanja untuk agen/calon agen BJB BiSA. Selanjutnya program bayar pajak kendaraan melalui e-samsat dan T-samsat akan mendapatkan cashback Rp58 ribu–Rp250 ribu. Kemudian program hadiah langsung untuk setiap pembelian produk bancassurance BJB.

Program Rp58 untuk 2 liter bensin (Pertalite & Pertamax) bagi pemegang kartu debit BJB (*syarat dan ketentuan berlaku).

Kemeriahan HUT BJB 58 Tahun diikuti oleh datangnya bulan suci Ramadan. BJB pun menghadirkan BJB Berbagi, Ramadan Memberi dengan serangkaian acara buka puasa dan santunan anak yatim dan kaum dhuafa sebanyak 28.000 paket yang terserbar di Jabar dan Banten.

Kemudian diramaikan oleh Haji Geyot Stay & Road Show performance, kabaret, tradisional kontemporer dance, quiz & doorprize serta pembagian 1000 takjil yang tersebar diberbagai titik di Kota Bandung. Selanjutnya Kampung Ramadan bank bjb yaitu kegiatan lomba memasak dibeberapa lokasi Kota Bandung serta Pesantren Kilat (Sanlat) bagi anak-anak SD-SMP.

Puncak acara,BJB menyelenggarakan acara silaturahmi dan buka puasa bersama keluarga besar BJB dengan rangkaian acara Santunan 1.580 Anak Yatim, Pemberian Bantuan Renovasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dengan kategori penerima adalah keluarga prasejahtera sehingga layak untuk dibantu demi terwujudnya keluarga sehat, bahagia dan sejahtera.

Sepanjang tahun 2018 pihaknya telah memberikan bantuan Rutilahu sebanyak 312 unit yang tersebar di seluruh Provinsi Jawa Barat dan Banten.

Kemudian BJB juga memberikan bantuan beasiswa kepada para siswa kategori tidak mampu yang berstatus anak dari Aparatus Sipil Negara (ASN) golongan I pada jenjang pendidikan SD, SMP, SMA berupa biaya pendidikan sebesar Rp5.800.000,- kepada 58 anak.

bank bjb juga memberikan bantuan berupa Renovasi Panti Asuhan salah satunya yaitu Panti Asuhan Muhammadiyah dan Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Al-Hilal.

Terakhir bank bjb meluncurkan buku profil sukses debitur binaan dengan judul SAHABAT yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi nasabah dan calon nasabah bank bjb lainnya.

Buku tersebut menceritakan kisah sukses pengusaha-pengusaha yang bermitra bersama bank bjb.

Dimana bank bjb tidak hanya membantu dari sisi pembiayaan atau permodalan saja, namun turut memberikan pendampingan dan pelatihan kepada para nasabahnya secara terus menerus melalui program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu atau PESAT, sehingga, pembiayaan atau permodalan yang diterima menjadi tepat guna dan berujung pada kesejahteraan UMKM yang berujung kepada kesuksesan dalam mendongkrak UMKM.

Acara dihadiri Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Jabar Raja Nafrijal, Ketua Komisi III DPRD Jabar Wawan Setiawan, Asisten Pemerintahan Hukum dan Kesejahteraan Sosial pada Sekretariat Daerah Provinsi Jabar, Daud Achmad, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Jabar Eddy I.M. Nasution, Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Barat, Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 2 Jabar, Perwakilan Kodam III/Siliwangi, Perwakilan Polda Jabar, Perwakilan Biro Badan Usaha Milik Daerah dan Investasi, serta seluruh jajaran Direksi, Dewan Komisaris, manajemen BJB, seluruh karyawan/ti , Pengurus DAPEN BJB, YKP BJB, IKAPEN bank BJB, para pengurus perusahaan Anak dan para pengurus terdahulu.

“Terimalah Tandamata persembahan dari bank BJB.

Kami akan terus bertekad untuk selalu meningkatkan dan mempertahankan kinerja perseroan serta selalu siap untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabah, dan turut membangun perekonomian daerah,” ujar M. As’adi Budiman selaku Pemimpin Divisi Corporate Secretary BJB melalui keterangan resminya kepada Radar Sukabumi.

Adi menambahkan “seiring dengan perkembangan BJB, semakin tinggi pula intensitas hubungan BJB dengan masyarakat beserta lingkungannya.

Berbagai kegiatan pun digelar, tak sebatas pada aktivitas bisnis semata, tetapi juga diimbangi kegiatan yang memberi dampak positif dan dampak sosial yang luas bagi masyarakat.

(*/sri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *