Rusia Serang Jantung Ibu Kota Ukraina, Tank Baja Amerika Terbakar 5 Tewas

Zelensky terus berkoordinasi dengan para jenderalnya
Zelensky terus berkoordinasi dengan para jenderalnya terkait kondisi wilayah di Ukriana. (foto : Twitter/@RF_OSCE)

KIEV — Serangan udara Rusia sejak dini hari terus meluluhlantakan beberapa lokasi strategis penyimpanan senjata di ibukota Ukraina, Kiev, Selasa 7 Juni 2022. Serangan itu menghancurkan tank baja yang dipasok Amerika dan sekutu di ibukota Ukraina, Kiev. Perlawanan terhadap serangan itu pun terus dilakukan pasukan Ukraina.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov pasukannya terus melakukan serangan udara di pinggiran Kiev. Hasilnya tank T-72 dan kendaraan lapis baja lainnya yang dipasok oleh negara-negara Eropa Timur dan disimpan di fasilitas perbaikan gerbong hancur.

Bacaan Lainnya

Igor Konashenkov tidak merinci dari mana tank itu berasal, tetapi Polandia sebelumnya mengatakan telah menyumbangkan beberapa tank T-72 ke Ukraina. Konashenkov mengatakan bahwa target militer juga terkena di Donbass, serta di timur dan selatan Ukraina, termasuk beberapa peluncur roket dan radar counterfire mobile buatan AS.

Staf Umum Ukraina sebelumnya melaporkan bahwa Kiev termasuk di antara daerah yang terkena serangan pasukan Rusia. Walikota Vitali Klitschko menyebut satu orang dirawat di rumah sakit.

Pihak berwenang Donetsk juga menyebut pasukan Ukraina menembaki kota itu, menewaskan 5 warga sipil dan melukai 20 lainnya. Rusia dan Ukraina telah berulang kali menuduh satu sama lain menembaki daerah pemukiman dan membunuh warga sipil.

Rusia menyerang negara tetangga itu pada akhir Februari, menyusul kegagalan Ukraina untuk mengimplementasikan persyaratan perjanjian Minsk, yang pertama kali ditandatangani pada 2014.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan