Ratu Elizabeth II Wafat di Usia 96 Tahun, Pangeran Charles Jadi Raja

Ratu Elizabeth II meninggal di usia
Ratu Elizabeth II meninggal di usia 96 tahun-Instagram/ @dukeandduchessofcambridge-Instagram/ @dukeandduchessofcambridge

INGGRIS Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Istana Balmoral, Aberdeenshire, Skotlandia pada Kamis, 8 September 2022 waktu setempat. Pemimpin kerajaan Inggris ini mengembuskan napas terakhirnya pada usia 96 tahun.

Kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II disampaikan langsung oleh pihak Istana Buckingham. “Sang Ratu meninggal dengan tenang di Balmoral sore ini,” kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan dikutip dari Reuters.

Bacaan Lainnya

“Upacara bagi raja dan ratu akan diadakan di Balmoral malam ini dan akan dibawa ke London pada besok hari,” sambung pernyataan Istana Buckingham. Elizabeth sendiri naik takhta pada 6 Februari 1952, setelah sang ayah, Raja Geoge VI meninggal dunia.

Masa pemerintahannya selama 70 tahun, merupakan masa pemerintahan terpanjang dalam sejarah Monarki Britania Raya. Ia bahkan mengalahkan nenek buyutnya, Ratu Victoria, yang memerintah selama 63 tahun.

Ratu Elizabeth II adalah kepala negara Inggris dan 14 negara lainnya, termasuk Australia, Kanada dan Jamaika. Dia meninggalkan empat anaknya, delapan cucu dan 12 cicit.

Sebelumnya diberitakan jika kondisi kesehatan sang ratu memburuk usai dirawat pada Oktober 2021. Ibu dari Pangeran Charles itu sering mengeluhkan kesulitan untuk berdiri dan berjalan.

Sang ratu sempat tertular viris corona pada Februari 2022 lalu. Pada Kamis, 8 September 2022, Inggris mengabarkan perkembangan kesehatan Ratu Elizabeth II.

Penguasa terlama di Inggris tersebut dikabarkan harus mendapatkan perhatian medis. “Menyusul evaluasi lebih lanjut pagi ini, para dokter Ratu mengkhawatirkan kesehatan Yang Mulia dan merekomendasikan dia tetap di bawah pengawasan medis,” bunyi pernyataan Istana Buckingham, dikutip dari Reuters.

Usai mendapatkan kabar itu, putra sulungnya segera melakukan perjalanan menuju Skotlandia. Pangeran Charles berangkat bersama istrinya, Camilla Rosemary. Sementara itu, Pangeran William telah berada di Istana Balmoral.

Menyusul kerabat lainnya, Pangeran Harry bergegas terbang seorang diri. Puluhan orang turut berkumpul di luar kediaman sang ratu. Di akhir masa kekuasaannya selama 70 tahun, Ratu Elizabeth II kerap membatalkan kehadiran publik, terkait kondisinya yang menderita permasalahan mobilitas.

Pada Rabu 7 September 2022, dia membatalkan pertemuan virtual dengan para menteri senior setelah disarankan untuk beristirahat oleh dokternya. Sehari sebelumnya, Ratu Elizabeth II muncul di hadapan publik dan menunjuk Liz Truss sebagai Perdana Menteri baru negara itu di Balmoral.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.