Duta Besar Swiss Benarkan Air Sungai Aare Digunakan untuk Pembangkit Listrik

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern bersama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mengadakan jumpa pers secara daring,
TANGKAPAN LANYAR : Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern bersama Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mengadakan jumpa pers secara daring, Sabtu (28/5). Hadir dalam kegiatan tersebut Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman Hadad, serta perwakilan Gubernur Jawa Barat, Elpi Nazmuzzaman.

SUKABUMI — Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad membenarkan bahwa sungai Aare, Bern, Swiss digunakan untuk pembangkit listrik. Menurutnya, negara swiss mengoptimalkan air sungai untuk memasok listrik disebagian wilayah negaranya.

“Ya memang negara Swiss gunakan sumber air tersebut (Sungai Aare) untuk pembankit listrik, pasalnya negara menjadi negara dominan untuk energi listriknya dari air sungai yang deras, “jelas Muliaman Darmansyah Hadad konferensi pers yang digelar secara virtual, Sabtu (28/5/2022).

Bacaan Lainnya

Namun, dirinya memastikan tidak ada rekayasa arus saat kejadian putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz terseret arus. Hanya saja dirinya menduga ada tambahan air akibat pelelan salju yang cepat sehingga debit air menjadi bertambah.

“Kami mempelajari memang arus sungai selalu deras, dan itu yang menariknya wisatawan dengan air sungai yang derasnya. Wisatawan senang betul dengan arus deras itu, “cetusnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan