Waspada, BMKG Sebut Jabar Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Hingga Awal 2023 Mendatang

cuaca ekstrem akan terjadi di beberapa wilayah di Jawa Barat
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem akan terjadi di beberapa wilayah di Jawa Barat hingga awal 2023.

DEPOK – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca ekstrem akan terjadi di beberapa wilayah di Jawa Barat hingga awal 2023. Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat, Indra Gustari mengatakan cuaca ekstrem dengan curah hujan yang tinggi tersebut terjadi akibat beberapa faktor.

“Di antaranya muson asia yang berada pada periode puncaknya, sehingga menghasilkan seruak di angin dan aliran massa udara lintas ekuator, fenomena MJO dan gelombang atmosfer (Rossby dan Kelvin Wave),” ucap Indra Gustari saat dihubungi, Selasa (27/12).

Bacaan Lainnya

Indra mengungkapkan cuaca ekstrem ini diprakirakan akan berlangsung hingga awal 2023 mendatang. “Hujan tinggi hingga cuaca ekstrem ini berpotensi terjadi sampai awal tahun 2023 nanti,” tuturnya.

Kendati demikian, dia menerangkan untuk petir dan angin kencang potensinya tidak setinggi pada awal musim hujan. Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Kunjungan Wisata ke Pangandaran Menurun Drastis “Tetapi masih ada potensinya di siang menjelang sore hari. Khususnya jika pada pagi hingga siang hari saat cuaca cerah atau terik,” ujarnya.

Indra menyebut cuaca ekstrem ini akan terjadi tidak hanya di wilayah Jawa Barat saja, tetapi juga terjadi di sejumlah wilayah lainnya di Indonesia. “Potensi hujan tinggi atau cuaca ekstrem di akhir tahun ini mencakup Jawa, Bali-Nusra, sebagian Sulawesi bagian selatan, Maluku dan Papua,” jelasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *