Update Tol Bocimi, BPN : Pembebasan Lahan Seksi 3 Tunggu Anggaran

Tol Bocimi
Menteri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, meninjau progres pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). (Dok Kementerian PUPR)

SUKABUMI — Proses pembebasan lahan untuk pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi- Sukabumi (Tol Bocimi) seksi II dan III terus dikebut. Ini dilakukan agar pekerjaan konstruksi dapat dimulai tahun depan.

Kepala Seksi Penataan Hak Pertanahan dan Pendaftaran Tanah pada BPN Kabupaten Sukabumi, Jumalianto kepada Radar Sukabumi mengatakan, pada tahun 2022 ini, proses pembebasan lahan untuk proyek Jalan Tol Bocimi sampai seksi 3 ruas Cibadak – Sukabumi Barat.

Bacaan Lainnya

“Iya, targetnya pada tahun 2022 itu, seksi 3 selesai dibayar karena anggaran berdasarkan informasi dari BPK sudah diturunkan untuk pembayaran pembebasan lahan untuk jalan Tol Bocimi,” kata Jumalianto kepada Radar Sukabumi pada Kamis (29/09).

Kantor Agraria Tata Ruang – Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kantah Kabupaten Sukabumi, berharap agar pembangunan Tol Bocimi segera selesai. Terlebih lagi, pada tahun ini pengadaan tanah akan dibayarkan sampai seksi 3.

“Namun hingga saat ini masih proses validasi. Semoga ditahun ini bisa terbayarkan semua sampai seksi 3 yang tembus ke daerah Cibolang, Kecamatan Cisaat,” paparnya.

Progres pembangunan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, saat ini tengah memasuki pengerjaan Seksi 2 ruas Cigombong – Cibadak sepanjang 11,9 kilometer dengan progres konstruksi 86 perseb dan ditargetkan selesai pada Desember 2022. Setelah Seksi 2 selesai, konstruksinya dan beroperasi akan dilanjutkan Seksi III ruas Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 kilometer sehingga dapat memberikan solusi atas permasalahan kemacetan.

“Nah kami berharap apa yang dicanangkan untuk tahun 2022 ini, di Tol Sundawenang kita sedang dimaksimalkan. Tetapi, semua sudah dibayarkan untuk pembebasan lahannya,”

Sementara, untuk progres pembebasan lahan pada tahun 2022 saat ini baru sampai Seksi 3 ruas Cibadak – Sukabumi Barat. ATR/BPN Kantah Kabupaten Sukabumi, mengklaim tidak menemukan kendala yang berarti saat proses pembebasan lahan untuk pembangunan jala Tol Bocimi ruas 3 Cibadak – Sukabumi Barat itu.

“Untuk estimasi anggarannya pembebasan lahan di ruas 3 Tol Bocimi itu yang saya terima kabarnya dari Bapak sekitar Rp731 Miliyar itu, untuk seksi 3 saja. Alhamdulillah, tidak ada hambatan. Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat Sukabumi yang ternyata sangat mendukung pembangunan jalan Tol Bocimi ini,” tandasnya.

Ditempat yang berbeda, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi, Asep Japar kepada Radar Sukabumi mengatakan, pihaknya membenarkan soal proses pembebasan tanah untuk jalan Tol Bocimi itu, sudah dilakukan mulai dari wilayah Kecamatan Parungkuda hingga sampai Kecamatan Cisaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *