Update Kasus Wisatawan Tenggelam di Situ Gunung Sukabumi, Dua Dinyatakan Tewas Satu Kritis

Petugas gabungan saat mengevakuasi salah satu korban yang tewas setelah tenggelam di kawasan Situ Gunung
DIEVAKUASI : Petugas gabungan saat mengevakuasi salah satu korban yang tewas setelah tenggelam di kawasan Situ Gunung pada Minggu (01/01).(Foto : ist)

SUKABUMI — Dua dari Tiga wisatawan yang dikabarkan tenggelam di kawasan wisata Situ Gunung, Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (01/01).

Kedua korban yang meninggal atas nama  Nandi (24) ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sekitar pukul 11.15 WIB oleh tim SAR gabungan. Sementara, korban atas nama Benthar Kutanagara (28) ditemukan meninggal dunia pada pukul 16.12 WIB. (Sebelumnya ditulis, korban atas nama Nandi masih hilang)

Bacaan Lainnya

Kepala Kantor SAR Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR, Fazzli mengatakan, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 11.00 WIB ini, bermula saat sekelompok wisatawan yang berjumlah 17 orang menyewa rakit yang disediakan di tempat wisata tersebut

“Kemudian di tengah perjalanan seorang wisatawan yang bernama Benthar Kutanagara (28) (Sebelumnya ditulis atas nama Nandi) menceburkan dirinya ke situ tersebut untuk berenang,” kata Fazzli.

Tidak lama setelah itu, Benthar tidak terlihat di permukaan air kawasan Situ Cigunung dan dinyatakan tenggelam. Setelah itu, kedua rekannya yang bernama Nandi (24) dan Elvin (24) kemudian melakukan upaya penyelamatan terhadap rekannya tersebut.

“Namun karena kurangnya kemampuan mereka berenang, sehingga menyebabkan keduanya ikut menjadi korban tenggelam,” ujarnya.

Setelah itu, satu orang korban yang bernama Elvin (24) berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat oleh pengemudi rakit wisata tersebut. Namun kedua korban lainnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Setelah menemukan jasad korban, Tim SAR gabungan langsung melakukan evakuasi semua korban baik dalam keadaan selamat maupun dalam kondisi meninggal. “Semuanya dievakuasi ke Rumah Sakit Betha Medika Cisaat Sukabumi,” bebernya.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi Kota, AKBP SY Zainal Abidin membenarkan terkait dua orang wisatawan yang  meninggal dunia setelah tenggelam di kawasan Situ Gunung tersebut.

“Sekitar pukul 12.30 WIB, kita menerima laporan dari Kapolsek Kadudampit selaku Kapos Pelayanan di Situ Gunung, bahwa ada kejadian wisatawan yang tenggelam di Situ Gunung,” katanya.

Pos terkait