Tiga Tambang Emas Ilegal Simpenan Sukabumi Ditutup, Bosnya Diancam 6 Tahun Penjara

Tambang Emas Sukabumi
Petugas gabungan saat menertibkan lokasi tambang liar di kawasan HGU Perkebunan Bojong Asih, Kecamatan Simpenan, Rabu (4/3).

“Iya, tiga persoalan tambang emas itu memang sedang proses lidik dan kegiatan dilapangan itu sudah dihentikan pada tahun 2022. Tetapi mudah-mudahan ini bisa diselesaikan dengan restorative justice dan ini sedang diupayakan,” jelas Dede.

Bacaan Lainnya

Tiga lokasi tambang yang ditutup di wilayah Kecamatan Simpenan ini, sambung Dede, lahannya berada di wilayah perhutani atau perkebunan milik PT. Surangga dan PT Kali Duren Estate di wilayah Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan dan perkebunan PT Bojong Asih, Desa Cihaur Kecamatan Simpenan.

“Di wilayah itu, sebenarnya banyak tambangnya. Namun yang kami kelola dan ditutup itu hanya ada tiga sepanjang 2022 itu. Sementara untuk di tahun 2023, Alhamdulillah tidak ada yah. Jadi, dua tambang wilayah Desa Kertajaya perkebunan Kali Duren Estate dan Perkebunan Surangga, itu dihentikan dan perkaranya sekarang sedang diproses di Polda Jawa Barat. Sementara satu lagi, tambang di PT Bojong Asih itu ditangani di Polres Sukabumi,” pungkasnya. (den/d)

Pos terkait