Termasuk Jabar, BMKG Minta Warga Waspadai Ada Potensi Cuaca Ekstrem 17–22 Januari

BMKG
BMKG menyebut, kondisi cuaca di perairan Maluku Utara (Malut) masih ekstrem dan sangat berbahaya bagi aktivitas pelayaranan, terutama pengguna kapal berukuran kecil. (Abdul Fatah/Antara)

JAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) minta masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem. Kondisi tersebut bisa terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia mulai 17–22 Januari.

”Berdasar analisis dinamika atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan di sebagian besar wilayah Indonesia,” ujar Deputi Bidang Meteorologi Guswanto seperti dilansir dari Antara di Jakarta.

Bacaan Lainnya

Guswanto menjelaskan, kondisi tersebut dipicu peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti Cold Surge atau Seruakan Massa Udara Dingin dari Asia menuju wilayah Indonesia dan aktifnya fenomena gelombang atmosfer seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial di beberapa wilayah.

Selain itu, pola tekanan tekanan rendah juga memicu terbentuknya pumpunan dan belokan angin yang diperkuat dengan adanya pengaruh labilitas udara dalam skala lokal. ”Kondisi tersebut secara signifikan dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem dalam periode sepekan ke depan,” ujar Guswanto.

BMKG memberikan peringatan dini terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi. Potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di wilayah Sumatra Barat, Bengkulu, Kepl;auan Bangka Belitung, Sumatra Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, dan Jawa Timur.

Kemudian potensi tersebut juga dapat terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Tenggara. Selanjutnya potensi cuaca ekstrem dikeluarkan untuk Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.