Sudah Ada Lima Kantong Potongan Tubuh Korban Sriwijaya Air SJ182, Identifikasi ?

  • Whatsapp
Kantung berisi potongan tubuh korban pesawat Sriwijaya Air SJ182 di dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021). Foto RMOL

JAKARTA -– Sampai dengan Minggu (10/1/2021) siang, tim SAR Gabungan sudah menyerahkan lima kantong berisi potongan tubuh korban Sriwijaya Air SJ182. Wakil Kepala RS Polri Kramat Jati, Kombes Pol Hariyanto menyebut ada lima fase identifikasi korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Fase pertama adalah tempat kejadian perkara (TKP).

“Di sana rekan-rekan kita bekerja keras membantu mencari penumpang yang saat ini dicari. Kemudian tentang kondisi pesawat di TKP,” jelasnya.

Di fase ini dilakukan Disaster Victim Identification (DVI) Polri bersama tim gabungan lainnya. Ini dilakukan untuk mencari body part (potongan tubuh) maupun berbagai benda lainnya yang dapat membantu mengidentifikasi korban.

Setelah itu, temuan yang didapatkan tersebut dikirim ke posko ante mortem sebagai fase dua. Saat ini terdapat tiga posko ante mortem yang telah didirikan. Yakni di Tanjung Priok, Bandara Supadio, dan RS Polri Kramat Jati.

Dengan begitu, keluarga korban yang berada di Pontianak tidak perlu pergi ke Jakarta dan cukup melapor posko terdekat. Di RS Polri sendiri juga didirikan posko post-mortem yang berisi para ahli forensik. Fase ketiga merupakan identifikasi dari data-data yang telah ditemukan di setiap posko. Sementara itu, fase keempat adalah rekonsiliasi di mana data yang diperiksa akan disajikan.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *