Pohon Katapang Roboh di Cikakak Sukabumi, Arus Lalin Tertahan

Pohon Tumbang Cikakak sukabumi
Personel gabungan saat melakukan evakuasi pphon roboh di jalan nasional di Kampung Karang Naya, Desa/ Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

CIKAKAK – Hujan deras disertai angin kencang, satu buah pohon Ketapang berukuran besar patah dan ambruk di ruas jalan raya Palabuhanratu – Cisolok, tepatnya di Kampung Karang naya, Desa Cikakak, Kabupaten Sukabumi. Sabtu, (31/12).

Informasi didapat peritiwa pohon roboh terjadi sekitar pukul 11.30 Wib, tidak ada korban jiwa maupun korban luka, hanya saja batang pohon menghalangi badan jalan membuat arus lalin tertahan dan diberlakukan buka tutup.

Bacaan Lainnya

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan Cikakak Agus Mahardika mengatakan pohon dengan berukuran besar tersebut roboh setelah diterpa angin cukup kencang disertahui hujan deras.

“Barusan pas ada angin kencang dan hujan lumayan deras, ini ranting pohon tapi cukup besar jadi patah dan roboh,” ujarnya.

Beruntung lokasi pohon yang roboh berdekatan dengan pos pengamanan lilin lodaya 2022, sehingga para personel gabungan langsung melakukan upaya penanganan evakuasi.

“Tadi langsung berkordinasi dengan unsur terkait, ini dari tim gabungan polres, BPBD, Sarda, Basarnas, Damkar serta unsur lain dan masyarakat evakuasi pohon,” jelasnya.

Sementara itu, Ajo (66) menjelaskan detik detik sebelum pohon Katapang tersebut roboh, dimana berawal tiba tiba terjadi angin ribut dengan cukup kencang, saat itu jalanan memang sedang melintas beberapa kendaraan roda dua.

“Tadi ada salah satu motor udah pas jatuh motor keburu lewat, langsung pohon roboh,” timpalnya.

“Saya disini diwarung pas didepan pohon roboh ini denger suara kretek, kretek disini ada dalam ini (warung) ada 4- 5 orang, pada keluar pada lari,” imbuhnya.

Pantauan dilapangan personel gabungan dari TNI, Polri, BPBD, Sarda, Basarnas, Damkar dan unsur relawan terkait lainnya hingga pukul 12.30 Wib masih melakukan evakuasi dengan memotong batang kayu pohon yang roboh.

Arus lalulintas pun diberlakukan buka tutup oleh personel kepolisian polres Sukabumi, dibantu masyarakat sekitar dan lainnya. (Cr2).

Pohon Katapang Roboh di Cikakak Sukabumi
Personel gabungan saat melakukan evakuasi pphon roboh di jalan nasional di Kampung Karang Naya, Desa/ Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

Pos terkait