Penyebab Longsor Pasir Datar Sukabumi, BPBD : Akibat Rembesan Air   

Longsor Pasir Datar Sukabumi
EVAKUASI : Petugas gabungan saat mengevakuasi tiga orang warga yang dikabarkan tertimbun material longsor di Kampung Cileutik, Desa Pasirdatar, Kecamatan Caringin pada Senin (24/10) sore.(Foto : ist)

SUKABUMI — Sebanyak tiga warga di Kampung Cileutik, Desa Pasirdatar, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi tertimpa materil longsor pada Senin (24/10) sore.

Subkor Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Medi Abdul Hakim mengatakan, pihaknya mengaku bahwa BPBD Kabupaten Sukabumi telah mendapatkan laporan soal tiga warga yang tertimpa longsor itu pada sekira pukul 15.00 WIB. Sementara tiga warga tertimbun material longsor itu, diketahui bernama Maman (65), Mumu (50) dan Bayu (7).

Bacaan Lainnya

“Kejadian ini pukul 15.00 WIB, kami mendapat laporan langsung meluncur dari BPBD setelah mendapat laporan itu,” kata Medi kepada Radar Sukabumi pada Senin (24/10).

Berdasarkan penanganan sementara, bencana longsor itu terjadi karena material longsoran dari tebing yang diduga sementara ada rembesan air yang akhirnya tanah tidak kuat hingga terjadi bencana longsor itu.

“Dampaknya, dua rumah warga di kampung itu tertimbun material longsor dengan jumlah jiwa tiga orang,” ujarnya.

Bencana tanah longsor, ujar Medi, selain menimbun dua rumah penduduk, juga telah merusak tiang listrik dan menutup akses jalan secara total. Sebab itu, pihaknya mengaku tidak memungkinkan jika saat ini untuk membersihkan material longsoran menggunakan alat berat. Lantaran, petugas gabungan kini masih fokus pada proses penyelamatan.

“Iya, karena alat berat itu getarannya tinggi, nah dikhawatirkan dengan getaran itu akan menimbulkan longsoran kembali. Kita belum bisa memastikan terkait satu orang barusan. Karena, memang kondisinya agak gelap. Makanya disini ada PLN untuk memutus arus listrik terlebih dahulu untuk melakukan perbaikan. Berdasarkan informasi, setelah ada perbaikan nanti listrik akan menyala kembali dan kami juga akan menyediakan jet set,” pungkasnya. (den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *