Pemkot Sukabumi Terbitkan Aturan Bersepeda, Goweser Wajib Taati Permenhub 59 Tahun 2020

  • Whatsapp
Sejumlah warga saat menikmati jalanan Kota Sukabumi dengan bersepeda.

RADAR SUKABUMI – Bersepeda kali ini tidak bisa sembarangan. Soalnya Kementerian Perhubungan mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan mengenai aturan bersepeda di Jalan Raya.

Aturan tersebut tertuang dalam Permenhub Nomor 59 Tahun 2020 Tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan yang telah diundangkan pada 25 Agustus 2020. “Iya , aturannya sudah keluar. Namun belum sampai ke daerah,” ujar Kadishub Kota Sukabumi, Abdul Rachman.

Bacaan Lainnya

Aturan tersebut diakui Abdul belum mengetahui secara rinci, hanya saja aturan itu tertuang dari Permenhub yang intinya mengatur keselamatan pesepada di jalan.

“Untuk tindak lanjut aturan itu, nanti kami akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kemenhub,” jelasnya.

Dalam Permenhub, aturannya terbagi atas 6 bab dan 20 pasal, mengatur tentang larangan bagi pesepeda, kelengkapan sepeda, tata cara bersepeda dan fasilitas pendukung seperti jalur dan parkir.

Mengutip salinan Permenhub, pada Bab II pasal 2 disebutkan, sepeda yang beroperasi di jalan harus memenuhi kelengkapan dan syarat keselamatan. “Sepeda yang beroperasi di Jalan harus memenuhi persyaratan keselamatan,” kata Abdul.

Sementara itu, pada pasal 2 ayat 2 dijelaskan sepeda harus dilengkapi dengan spakbor di bagian ban belakang sepeda, bel, sistem rem, lampu, alat pemantul cahaya, dan pedal.

Pemasangan spakbor sendiri dilakukan untuk mengurangi percikan air ke arah belakang sepeda. Lebar spakbor yang dipasang minimal selebar telapak pada ban belakang.

Sementara itu, untuk alat pemantul cahaya harus dipasang di bawah sadel, pada jari-jari sepeda di kedua sisi roda, serta pada pedal kayuhan.

Lalu pemasangan lampu pada sepeda diperbolehkan berbentuk sementara ataupun permanen, dipasang pada bagian depan dan belakang sepeda. Khusus untuk perjalanan malam hari lampu wajib dinyalakan.

Kemudian, pada pasal 5 dijelaskan semua sepeda yang digunakan harus memiliki standar nasional Indonesia alias SNI. (bal/*)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *