Pemkab Sukabumi-PT SCG Lakukan Penandatangan Kerja Sama, Lima Aspek Pemberdayaan untuk Potensi Lima Desa

Bupati Sukabumi Marwan Hamami
Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama dengan Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Somchai Dumrongsil saat menaiki balon udara di Wisata Alam Karangpara.

SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan PT SCG melalui anak perusahaan yakni PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi melakukan penandatangan kesepakatan program Pemberdayaan Masyarkat 2022 pada Selasa (14/12).

Kerjasama ini ditujukan untuk sejumlah desa seperti Sirnaresmi, Kebonmanggu, Wangunreja, Tanjungsari, dan Desa Sukamaju di Kawasan Wisata Alam Karangpara.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sukabumi Marwan Hamami secara khusus hadir. Penandatanganan kerja sama ini ditujukan sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat dan penguatan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Adapun kawasan Wisata Karangpara merupakan salah satu kawasan wisata yang didukung dan dikembangkan oleh perusahaan tersebut.

Pemkab Sukabumi, kata Marwan, sangat menyambut baik perihal sikap dan kepedulian PT SCG terhadap warga sekitar, khususnya kepada warga desa yang berada di wilayah operasinya.

“Hal ini tentu saja disambut dengan baik oleh kami selaku pemegang amanat dari masyarakat. Kami berharap kolaborasi yang baik dapat terjalin antara masyarakat, pemerintah, dan SCG agar apa yang diupayakan dapat berhasil dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi,” kata Marwan kepada awak media.

Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Somchai Dumrongsil mengatakan, program pemberdayaan masyarakat ini disusun berdasarkan kebutuhan masyarakat dan sejalan dengan tujuan pemerintah yang tertera pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sukabumi 2021-2026. Sedianya ada lima aspek pemberdayaan yang digagas demi penguatan sosial dan ekonomi terutama pasca pandemi Covid-19.

“Beberapa program diantaranya Satu Desa, Satu Produk (One Village, One Product) dukungan terhadap UMKM di lima desa.

Program peduli bersama dalam melawan Covid-19 dan mendukung Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) akan terus dilanjutkan dengan peningkatan sarana prasarana kesehatan.

Seperti pembangunan toilet guna mendukung 100 persen ODF di Kabupaten Sukabumi dan peningkatan taraf kesehatan ibu dan anak,” kata Somchai.

Di bidang pendidikan, imbuh Somchai, beasiswa berprestasi untuk siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) pun akan kembali dilanjutkan. Demikian pula dalam bidang agama dan budaya. Seperti dukungan terhadap pembangunan masjid, acara keagamaan, dan pengembangan budaya.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami
Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama dengan Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Somchai Dumrongsil saat penandatanganan kerja sama dilakukan untuk memberdayakan potensi lima desa, Selasa (14/12).

“Penandatanganan MoU ini menjadi bentuk komitmen PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi dalam mendukung kemajuan Kabupaten Sukabumi,” paparnya.

Selain penandatanganan kerja sama, perusahaan juga memberikan penghargaan desa Terbaik dalam pengimplementasian PPM kepada Desa Wangunreja.

Sementara, desa terbaik dalam pelaksanaan ekonomi produktif kepada Desa Sukamaju melalui Kelompok Lumbung Berkah Budidaya Lele, serta desa terbaik dalam penguatan ekonomi pasca pandemi Covid-19 kepada Desa Kebonmanggu melalui pengembangan Wisata Karangpara.

Selain itu, terdapat pula pameran beragam produk hasil usaha binaan perusahaan. Untuk mempromosikan lokasi Wisata Karangpara, diadakan lomba foto di balon udara yang terbuka untuk umum hingga tanggal 14 Januari 2022 nanti. (Den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.