Pembangunan Tol Bocimi Dipastikan Molor, KPPIP : Kita Maksimalkan selesai 2024

Tol Bocimi
Kondisi bangunan proyek Tol Bocimi yang baru selesai sampai wilayah Parungkuda.

SUKABUMI — Pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi II Cigombong-Cibadak dan Cibadak-Kota Sukabumi dipastikan molor dari target yang ditentukan sebelumnya. Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Wahyu Utomo pada kegiatan Media Briefing Pencapaian Proyek Strategis Nasional (PSN) Semester I 2022, Selasa (26/07/2022) di Media Center Kemenko Perekonomian, Gd. Ali Wardhana Lt.1, Jalan Lapangan Banteng Timur Nomor 2-4, Jakarta Pusat.

Wahyu Utomo, yang juga sebagai Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian menyebutkan bahwa pembangunan tol Bocimi akan diusakan selesai sebelum tahun 2024 mendatang. Saat ini diketahui banyak permasalah teknis mulai dari kontruksi jalan yang bermasalah.

Bacaan Lainnya

“Soal Tol Bocimi kami Usahakan selesai 2024, “singkat Wahyu Utomo saat ditanya Radarsukabumi.com, Selasa (26/07/2022).

Menurutnya, memang dalam proses pengerjaan tol saat ini masih terkendala soal biaya pergantian lahan dalam bentuk uang, tapi ada yang lebih rumit semisal pergantian tanah wakaf seperti masjid, itu harus dibangun ukuran dan bentuk percis seperti semula. Tentunya ada harga berbeda dengan lokasi yang baru dan itu perlu penyelesaian dengan cara pendekatan.

“Permasalah jalan tol ini memang masih terfokus pada pembebasan lahan. Terdapat 37 proyek yang mengalami isu konstruksi, mulai dari Kekurangan tenaga kerja dan ketersediaan material yang belum memadai dan Kondisi cuaca/alam (hujan, tanah longsor) yang membuat pekerjaan konstruksi tertunda Pengadaan Tanah, “jelasnya.

Berdasarkan Permenko Nomor 7 Tahun 2021, terdapat 208 Proyek dan 10 Program sebagai PSN dengan estimasi total nilai investasi Rp 5.739,7 Triliun, Sejak tahun 2016 sampai dengan Juni 2022, diketahui sebanyak 135 PSN Selesai dengan nilai investasi Rp858 Triliun.

tol bocimi seksi ii
Pembangunan Tol Bocimi seksi II. foto: @bpjt_info

Pada Semester 1 tahun 2022 diketahui ada 7 Proyek yang selesai yang meliputi 3 Kawasan, 1 Pelabuhan, 1 Jalur Transmisi, 1 PSEL dan 1 PLBN dengan rincian Kawasan Industri Tanjung Enim, Kawasan Industri Terpadu Batang, Terminal Multipurpose Labuan Bajo, Kawasan Industri Weda Bay, kemudian Proyek dalam Program Central-West Java Transmission, Line 500 KV, PSEL Benowo dan PLBN Sota Kabupaten Merauke.

Berdasarkan arahan Presiden dalam Rapat Internal PSN yang dilaksanakan di Istana Negara pada Senin, 25 April 2022, terdapat beberapa arahan untuk pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, diantaranya Memprioritaskan pembangunan PSN yang dapat diselesaikan paling lambat Semester I Tahun 2024 serta memastikan waktu penyelesaian PSN yang telah transaksi atau sedang dalam tahap konstruksi namun tidak dapat diselesaikan pada tahun 2024 untuk dapat dipastikan kepastian pembiayaannya, penyelesaian perizinannya dan ketersediaan lahannya.

Pos terkait