Niat Temui Jokowi, Petani Cisolok Sukabumi Nekat Berjalan Kaki ke Istana, Ini Penyebabnya

petani
BERJALAN KAKI : Puluhan petani dari Desa Gunung Kramat, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, long marc atau jalan kaki dari Cisolok menuju Istana Presiden untuk bertemu langsung dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

SUKABUMI — Tak kurang dari 23 Petani asal Desa Gunung Kramat, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, nekad melakukan aksi long marc atau jalan kaki dari Cisolok menuju Istana Presiden untuk bertemu langsung dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Aksi yang dilakukan puluhan petani eks HGU (Hak Guna Usaha) PT Tybar ini bermaksud mengadukan masalah ke Jokowi, ihwal dugaan perampasan hak kepemilikan tahannya yang sudah bersertifikat Prona oleh PT. Bumi Sukses Indo.

Bacaan Lainnya

“Hari ini, kami mewakili petani Desa Gunung Kramat akan menyampaikan aspirasi kami kepada pak Presiden langsung dengan berjalan kaki ke Istana Presiden,” ujar Korlap sekaligus Petani Penggarap Agus Sugeng (60) kepada media, Rabu (26/01/2022).

Ia menjelaskan, petani Desa Gunung Kramat ini telah mendapatkan surat pelepasan hak dari eks HGU PT Tybar pada tahun 2012 seluas 292 hektare, sebagian seluas 61 hektare sudah mendapatkan legalitas sertifikat Prona.

“Yang lainnya kini malah dirampas haknya oleh orang lain, termasuk tanah yang sudah sertifikat ditanami vinus oleh PT Bumi Sukses Indo yang telah melakukan kegiatan penanaman,” tegas Agus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.