Lansia Segera Divaksin, Satgas Covid Mulai Lakukan ini

  • Whatsapp
Proses pemindahan kontainer berisi vaksin Covid-19 saat tiba di Kantor Pusat Bio Farma, Bandung, Jawa Barat. (MUCHLIS Jr. / BPMI SETPRES)

SUKABUMI — Setelah usai melakukan vaksin tahap pertama, kali ini pemerintah kembali akan mewacanakan vaksin ditahap kedua. Salah satu sasaranya ada vaksin terhadap orang lanjut usia atau lansia. Diketahui saat ini, Satgas Penanganan Covid-19 mulai mempersiapkan sasaran vaksinasi terhadap Lansia. Tak hanya itu, Satgas telah mengintruksikan kepada setiap Satgas tingkat kecamatan hingga desa untuk melakukan pendataan lansia.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi, Andi Rahman mengungkapkan, lanjut usia merupakan salah satu kategori sasaran vaksinasi pada tahap kedua. Namun untuk saat ini, secara nasional vaksinasi bagi Lansia baru dimulai di daerah yang tingkat penularannya tinggi.

Bacaan Lainnya

“Tentunya kami telah siapkan untuk sasaran kategori lansia yang akan divaksin, kami juga sudah meminta kepada Satgas kecmatan dan seterusnya untuk melakukan pendataan sasaran lansia,” terangnya kepada Radar Sukabumi saat dihubungi, Senin (22/2/2021).

Pada pelaksanaannya, terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia. Pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat baik di Puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta. Peserta Lansia dapat mendaftar dengan mengunjungi website Kementerian Kesehatan yaitu www.kemkes.go.id dan website Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di covid19.go.id.

“Di kedua website tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Di dalamnya terdapat sejumlah pertanyaan yang harus diisi.Dalam mengisi data tersebut peserta lanjut usia dapat meminta bantuan anggota keluarga lain atau melalui kepala RT atau RW setempat,” terangnya.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *