BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Koperasi Harus Berinovasi

SUKABUMI – Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menegaskan, koperasi sebagai pilar penyangga utama sekaligus tulang punggung prekonomian nasional. Sehingga, para pelaku perlu meningkatkan kesejahteraan dalam era digital, milenial dan persaingan global.

“Koperasi sebagai wadah ekonomi kerakyatan, memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang ekonomi nasional dalam hal efisiensi dibidang produksi serta distribusi pemasaran. Selain itu, koperasi harus mampu menjadi penggerak inovasi variasi produk, variasi kemasan yang unik dan menarik untuk sektor koperasi jenis produsen,” terangnya dalam puncak Hari Koprasi ke-71 di Geopark Ciletuhm, Kecamatan Ciemas yang bekerjasama dengan Radar Sukabumi, kemarin (7/8).

Dirinya mengingatkan, kehidupan dalam rra globalisasi, era milenia dan era teknologi ini, insan koperasi harus mampu menyesuaikan paradigma pengembangan KUKM digeser ke arah sistem berbasis information teknologi atau IT.

Dimana, peran aplikasi digital terutama dalam aspek pemasaran produk maupun informasi kebijakan sangat dibutuhkan untuk mengembangkarn potensi KUKM, khsusnya ketika menghadapi kompetisi usaha diera pasar global.

“Peran koperasi untuk masuk di era digital ini, tentunya tidak perlu cangih. Bisa diawali dengan penggunaan media sosial terutama dalam melaksanakan pelayanan terhadap anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Di era teknologi ini, perlu kita sikapi dengan bijak dan cermat terutama dalam mengadopsi teknologi informasi. Sehingga, dapat memberikan manfaat positif yang dapat merubah mainset untuk mengimplementasikannya pada aktivitas gerakan koperasi sehari-hari,” tambahnya.

Lebih lanjut Marwan menjelaskan, peran koperasi penting dalam merubah orientasi produk ke orientasi pasar. Yakni, memproduksi apa yang diinginkan pasar bukan memasarkan apa yang dapat di produksi. Bahkan, peluang pasar domestik besar tetap  memerlukan perangkat strategi pemasaran. Selain itu, produk KUKM bermutu dan berkualitas harus diiringi dengan harga yang bersaing.

“Komponen lain yang harus dikembangkan adalah jaringan pemasaran agar terdapat mobilitas tinggi dari produk di daerah  pedesaan ke daerah konsumtif atau dari domestik ke pasar global dengan dukungan suatu sistem informasi teknologi  pasar handal berbasis IT,” bebernya.

Terpisah, Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono berharap, para pelaku koperasi bisa lebih baik dan maju lagi di masa yang akan datang. Karena itu, Pemkab Sukabumi melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (DKUKM) terus melakukan pembinaan dan memberikan motivasi agar terus berkomitmen membangun koprasi.

“Mudah-mudahan dengan upaya yang terus digencarkan, ke depan koprasi di Kabupaten Sukabumi bisa lebih baik lagi,” harapnya.

Sementara itu, kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan itu mengusung tema ‘Penguatan Koperasi Mendorong Ekonomi Nasional’. Turut hadir dalam acara tersebut GM Radar Sukabumi, Abdul Somad, Pimpred Radar Sukabumi, Rahmat Yanadi, Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi, Ketua DPRD Kabuaten Sukabumi, Agus Mulyadi, Kadis Kesehatan, Didi Supardi, Kadis Perhubungan, Tendi Indrayana, Kadis Kominfo, Ahmad Riyadi, Kadis PU, Lukman Hakim, Camat se-Kabupaten Sukabumi, Kades se-Kabupaten Sukabumi dan tamu undangan lainnya.

Adapun acara ini diisi dengan berbagai kegiatan. Misalnya saja, perlombaan, pembagian doorprize dan masih banyak lagi kegiatan lainnya sehingga peringatan Hari Koprasi tampak meriah.

“Kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan. Saat ini, diperingati di tempat wisata Geopark yakni untuk mendorong pariwisata yang berada di Kabupaten Sukabumi. Dengan begitu, maka para pelaku UKM maupun Industri Kecil Menengah (IKM) dapat mengembangkan usahanya,” kata Kepala DKUKM Kabupaten Sukabumi, Asep Japar.

Menurutnya, kegiatan yang diselanggarakan di Geopark Ciletuh ini untuk mendukung promosi wisata Geopark Ciletuh-Pelabuhanratu sehingga akan berdampak positif bagi pelaku usaha. Sebab, hal itu secara tidak langsung bagian dari promosi produk terhadap wisatawan.

“Peran KUMKM harus semakin kuat dengan memanfaatkan teknologi yang kian canggih dalam mengemas maupun mengolah produk lokal hasil kerajinan dan produkn lainnya. Mudah-muhadan dengan hadirnya Geopark Ciletuh bisa mendongkrak baik para UKM maupun IKM di wilayah ke depan,” ujarnya.(cr16/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button