Kendaraan Plat B Mulai Mendominasi Jalanan Sukabumi

  • Whatsapp
Kondisi arus lalu lintas di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, terpantau masih normal dan belum adan peningkatan volume kendaraan yang signifikan, Senin (30/12).

SUKABUMI – Menjelang malam pergantihan tahun dari 2019 ke 2020, kendaraan plat B dan D mulai mendominasi jalanan Sukabumi. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, memang tempat wisata di Sukabumi menjadi salah satu tujuan para wisatawan untuk menghabiskan malam pergantian tahun.

Lonjakan volume kendaraan memang belum terlihat. Namun diprediksi, peningkatan jumlah kendaraan menuju tempat wisata akan terjadi hari ini. “Sejauh ini memang belum ada peningkatan volume kendaraan. Kalaupun terjadi padat merayap, memang di hari biasa pun hampir sama,” aku Kasi Lalu Lintas (Lalin) Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Asep Somantri kepada Radar Sukabumi, Senin (30/12).

Bacaan Lainnya

Menurut Asep, diprediksi arus lalu lintas akan mengalami peningkatan pada Selasa (31/12). Dimana para pekerja sudah mulai berlibur sehingga banyak yang mudik kekampung halaman ataupun berlibur di Sukabumi.

“Sepertinya Selasa, arus lalu lintas sudah mulai mengalami peningkatan karena pada 1 Januari 2020 nanti kan libur. Sehingga banyak yang berliburan di Sukabumi,” paparnya.

Terlebih, sambung Asep, Sukabumi menjadi perlintasan bagi pengendara dari Jakarta ataupun Bogor menuju Cianjur. Lantaran biasanya jalur Puncak di tutup untuk mengantisipasi kemacetan. “Untuk itu, kami bekerjasama dengan Polres Sukabumi untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan,” ucap Asep.

Guna mengantisipasi kemacetan, Dinas Perhubungan menerjunkan sedikitnya 100 personel untuk menjaga di setiap jalur wisata seperti Palabuhanratu, Geopark Ciletuh dan objek wisata lainnya. “Kami bakal fokus disetiap jalur wisata terutama Palabuhanratu dan Geopark. Dimana, setiap tahunnya banyak pengunjung yang datang sehingga sering terjadi kemacetan,” ujarnyan.

Asep menambahkan, sampai saat ini Dishub dan Polres Sukabumi belum melakukan rekayasa lalu lintas lantaran belum ada peningkatan volume kendaraan. “Jika nanti sudah ada peningkatan, tentunya kami bakal berkoordinasi dengan Polres Sukabumi dan akan dilakukan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan,” imbuhnya.

Pihaknya menghimbau kepada para pengendara agar meningkatkan kewaspadaan, khususnya membawa perlengkapan surat kendaraan seperti STNK, SIM dan lainnya. “Selain itu, kami juga menghimbau agar kendaraan pengangkut barang tidak digunakan untuk mengangkut orang. Hal ini untuk meminimalisir terjadi kecelakaan lalu lintas,” imbaunya.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi, AKBP Nuredy Irwansyah Putra Harahap melaksanakan pengecekan kesiapan personel Pospam dan Pos Gatur di wilayah Palabuhanratu dan Cisolok Kabupaten Sukabumi. Dalam kesempatan tersebut, ia memeriksa fasilitas dan kelengkapan yang ada di Pospam.

“Pengecekan Pospam ini untuk memastikan kesiapan personil dan peralatan untuk pengamanan arus wisata dan malam pergantian tahun baru serta untuk memberikan semangat dan motifasi kepada semua personil yang terlibat pengamanan agar memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang akan berlibur di pantai,” pungkasnya. (bam/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *