Kaca Jendela Rumah Warga Cisolok Sukabumi Tiba-tiba Bergetar dan Bersuara

  • Whatsapp
Gempabumi (ilustrasi)

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Warga Kabupaten Sukabumi kembali merasakan guncangan gempa tektonik pada Kamis (05/11) sekira 05.21.48 WIB.

Meski belum ada laporan korban jiwa maupun jumlah kerusakan bangunan akibat guncangan gempa berkekuatan M 5,2 ini. Tetapi, warga yang mayoritas tinggal di pesisir pantai Selatan Sukabumi, merasakan guncangannya.

Bacaan Lainnya

“Saat kejadian, saya tengah menjemur pakaian di depan halaman rumah. Namun, tiba-tiba kaca jendela rumah bergetar dan mengeluarkan suara,” kata Nani Nurhayati (45) warga Kampung Marinjung Hilir, Kecamatan Cisolok kepada Radar Sukabumi, Kamis (05/11).

Tidak lama setelah itu, sambung Nani, warga yang lainnya langsung keluar rumah sambil berteriak gempa. “Saat itu, saya kaget dan langsung secara spontan membangunkan anak saya yang masih tertidur,” timpalnya.

Sementara itu, Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya menjelaskan, hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa ini, terletak pada koordinat 7,54 LS dan 106,01 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 72 km arah Barat Daya Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada kedalaman 30 kilometer.

“Guncangan gempa bumi ini, dirasakan di Panggarangan IV MMI dan apabila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, Sukabumi II-III MMI yang getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu, Palabuhanratu II MMI yang getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jenis dan mekanisme gempa bumi ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik.

“Meski demikian, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” imbuhnya. (Den/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *