BERITA UTAMA

Jalan A Yani Ditutup Sementara

Saat Malam Pergantuan Tahun

RADARSUKABUMI.com – CIKOLE- Satuan Lalu Lintas Polres Sukabumi Kota bakal melakukan rekayasa lalu lintas dibeberapa ruas jalan saat malam pergantian tahun nanti. Tidak hanya itu, beberapa ruas jalan juga bakal dilakukan penutupan untuk semua jenis kendaraan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Sukabumi Kota, AKP M Bima Gunawan menjelaskan, rekayasa arus lalulintas tersebut dilakukan secara insidentil, dimana bila terjadi peningkatan aktivitas masyarakat di pusat kota, serta peningkatan volume kendaraan di Kota Sukabumi.

“Jadi nanti untuk rekayasa dibeberapa ruas jalan ini tergantung kondisi kepadatan dan keramaian, karena di khawatirkan terdampak penutupan jalur Puncak,” jelasnya, kemarin (28/12).

Ruas jalan yang akan ditutup, sebut Bima, yakni Jalan A Yani mulai dari simpang BRI sampai persimpangan Zaenal Zakse akan dilarang untuk seluruh jenis kendaraan, baik roda dua maupun roda empat secara situasional.

Begitupun, akan diterapkan di Jalan Ciwangi dimana tidak ada kendaraan yang diperbolehkan lewat. “Kedua jalan itu ditutup karena setiap tahunnya selalu menjadi pusat keramaian masyarakat, larangan kendaraan akan dilakukan secara situasional,” sebutnya.

Selain itu, untuk memastikan kelancaran dan keamanan pada malam pergantian tahun terebut, pihaknya menerjunkan 77 personel. Terdiri dari 56 personel yang ditempatkan di 26 pospam dan 10 personel tim pengurai kemacetan. “Personel disiagakan juga ada 77, dan untuk mengurai kemacetan di titik-titik rawan ada petugas khusus,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan dari luar Kota Sukabumi, lanjut Bima, juga akan diberlakukan pengalihan arus lalulintas. Apabila arus lalulintas normal dan tidak ada lonjakan, maka kendaraan dari arah Cianjur maupun Kabupaten Sukabumi masih bisa melalui jalan utama menuju pusat Kota Sukabumi.

“Tapi kalau terjadi lonjakan arus lalulintas akibat jalur puncak ditutup, maka diberlakukan buka tutup jalan menuju jalur utama ke pusat Kota Sukabumi. Sebagian akan dialihkan ke jalan alternatif, yaitu melalui Jalan Lingkar Selatan tembus ke Jalan Selakao atau sebaliknya ke Cibolang,” pungkasnya.

 

(upi/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button