Inilah Makanan Khas Lebaran Selain Ketupat

ketupat

RADARSUKABUMI.com – Hanya tinggal beberapa hari lagi umat muslim akan merayakan hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri atau yang biasa disebut Lebaran oleh masyarakat Indonesia.

Berbicara tentang Lebaran, banyak sekali makanan yang tersedia mulai dari makanan manis hingga yang berkuah.

Bacaan Lainnya

Makanan lebaran juga bukan hanya sekedar ketupat dan semur ayam saja loh. Nah berikut merupakan makanan yang selalu hadir ketika lebaran tiba.

1. Kue Tipan

Siapa diantara kalian yang kenal dengan kue tipan? Kue tipan sendiri memang kurang begitu terkenal, tapi apa kalian tahu Lemang?

Benar sekali kue tipan atau lemang memang sering sekali hadir ketika Lebaran.

Lemang adalah sajian Lebaran khas Sumatera Utara khusunya bagi masyarakat muslim Tapanuli. Lemang umumnya disajikan bersama masakan berkuah.

2. Buras

Buras merupakan makanan yang mirip dengan lontong karena terbuat dari beras. Buras merupakan makanan khas Makassar dengan rasa yang gurih dan sedap khas.

Buras biasanya disajikan bersama Coto Makassar saat Hari Raya atau Lebaran.

3. Kue Timpan

Kue timpan merupakan kue yang wajib ada di setiap rumah di Aceh. Kue ini terbuat dari pisang raja, tepung ketan, air, telur ayam, gula, pasir, nangka, daun pandan, kelapa parut dan santan kental.

Kue tipan memiliki rasa yang gurih manis khas. Kue ini dimasak dengan cara dikukus dan dibungkus daun pisang.

4. Lepet Ketan

Ini merupakan makanan sejenis ketupat yang biasa disajikan di Hari Raya di Manado.

Tak hanya disajikan di Manado, lepet ketan juga menjadi sajian Hari Raya untuk beberapa masyarakat di Jawa khusunya di Jawa Tengah.

5. Sekubal

Ini merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan asal Lampung.

Makanan ini merupakan sajian wajib saat Hari Raya atau Lebaran yang biasa disajikan bersama masakan kuah, rendang atau opor.

(ayu/tipstren/izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.