HUT ke-76, PMI Kota Sukabumi: Bergerak Bersama untuk Sesama

  • Whatsapp
POTONG TUMPENG: Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo menyerahkan potongan tumpeng kepada Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Imran Wardhani. FOTO: PMI KOTA SUKABUMI UNTUK RADAR SUKABUMI

SUKABUMI – Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) Ke-76 tahun 2021. PMI Kota Sukabumi melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi terkait Penanggulangan Bencana khususnya di wilayah Kota Sukabumi.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara PMI dengan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) terkait pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus merdeka belajar Program Kemanusiaan yang akan segera dilaksanakan tahun ini

Bacaan Lainnya

“Hari ini (kemarin, red.) PMI Kota Sukabumi ikut menyemarakkan peringatan HUT PMI ke-76 pada 17 September 2021 dengan tema nasional ‘Bergerak Bersama untuk Sesama’ dengan harapan percepatan kebangkitan bangsa Indonesia dari pandemi,”ujar Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo, Jumat, (17/9)

Dikatakannya, pada momentum tahun ini PMI Kota Sukabumi terus berupaya meningkatkan pelayanannya di bidang sosial kemanusiaan dalam rangka membantu pemerintah. Serta berupaya hadir di tengah masyarakat terlebih dalam kondisi pandemi saat ini dengan berbagai pelayanan yang dimandatkan kepada PMI saat ini

Dengan tema besar PMI yakni Bergerak Bersama Untuk Sesama, Suranto menjelaskan pihaknya berusaha meningkatkan kolaborasi kemitraan dengan semua unsur stakeholder seperti yang dilakukan saat ini melakukan kerjasama dengan BPBD Kota Sukabumi dan Universitas Muhammadiyah (UMMI) Sukabumi.

Dalam kesempatan tersebut pula, Suranto secara khusus meresmikan secara simbolis donasi kemanusiaan melalui digital dengan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang bekerjasama dengan Bank Jabar. “QRIS ini menjadi alternatif bagi warga masyarakat yang ingin mendonasikan sebagian rezekinya untuk aksi kemanusiaan lewat PMI Kota Sukabumi secara digital,” ujarnya.

Masih dalam rangkaian HUT PMI ke-76, juga dilakukan santunan donasi untuk anak- anak yatim piatu. Lebih lanjut, Suranto juga menambahkan bahwa kegiatan lainnya yang bersinergi dengan stakeholder lainnya adalah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi promosi kesehatan (Promkes) dan vaksinasi kepada kelompok rentan seperti halnya kepada kelompok ODHA yang bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukabumi.

Selanjutnya kegiatan lainnya pelayanan di masyarakat adalah memobilisasi Relawan SIBAT PMI di kelurahan untuk melalukan kegiatan serupa edukasi promkes dan vaksinasi kepada kelompok rentan dan berbagai segmentasi seperti lansia, disabilitas dan ibu hamil di wilayahnya.

“Kegiatan lainnya yang tidak kalah meriahnya yaitu kegiatan perlombaan pertandingan olah raga, lomba seni dan lomba media sosial yang diikuti seluruh jajaran PMI baik pengurus, Staf dan jajaran Relawan baik KSR, TSR, SIBAT, PMR dan DSS dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” beber Suranto.

“Selain itu dalam hal peningkatan kapasitas sumber daya di internal PMI Kota Sukabumi, juga dilaksanakan kegiatan pendidikan dan latihan dasar anggota Muda Relawan yang tergabung dalam Korps Sukarela (KSR) PMI Kota Sukabumi,” tuntasnya. (izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *