Hati-Hati, 336.929 kendaraan Tinggalkan Jakarta

  • Whatsapp
MULAI PADAT: Kondisi arus lalu lintas di Jalur Sukabumi-Bogor tepatnya di Kecamatan Cibadak, sudah mulai padat oleh kendaraan baik umum maupun masyarakat yang akan menuju kampung halamannya.

JAKARTA,-– Arus kendaraan yang keluar dari Jakarta terus menunjukkan tren peningkatan pada hari kedua cuti bersama libur Maulid Nabi Muhammad SAW. Pemerintah bakal pantau ketat pusat-pusat keramaian seperti ruang publik, tempat hiburan, ibadah, makan, perbelanjaan serta pariwisata.

Tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat kepatuhan masyarakat maupun institusi pengelola tempat pada protokol kesehatan. Laporan akan diteruskan oleh petugas di lapangan ke dashboard Satgas Covid-19 melalui aplikasi monitoring perubahan perilaku.

Bacaan Lainnya

Ketua Bidang Data dan TI Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan pihaknya ingin melihat terutama pada titik-titik kerumunan. “Karena potensi penularan disana juga sangat tinggi ada banyak orang berkumpul,” kata Dewi kemarin (29/12)

Dewi menjelaskan, dengan aplikasi ini, petugas di lapangan akan menginput data berdasarakan apa yang dia lihat pada pusat-pusat keramaian pada saat itu juga. Laporan akan dikumpulkan di dashboard. Data yang masuk secara real time akan langsung di analisis dan secara otomatis akan memunculkan grafis.

“Misalnya petugas melihat di depannya ada 10 orang. 7 menggunakan masker, 3 tidak tinggal meng-entry angka saja. Bukan proporsi. Semua laporan terkumpul di back end,” jelas Dewi.

Yang dipantau melalui aplikasi ini adalah kepatuhan masyarakat baik sebagai individu/kelompok maupun kepatuhan institusi pengelola tempat dalam menerapkan protokol kesehatan. “Seperti apakah ada pemeriksaan suhu tubuh, apakah ada petugas pemantau protokol kesehatan, seberapa sering dilakukan desinfeksi dan sebagainya,” katanya.

Petugas yang akan mengoperasikan aplikasi ini meliputi unsur TNI/Polri, Stapol PP, Kemendagri serta Duta perubahan perilaku. Aplikasi sudah didesain untuk menyesuaikan pada porsi masing-masing. Misalnya Polisi dan Satpol PP yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan operasi yustisi. Untuk duta perubahan perilaku dengan program edukasinya. “Untuk personil Kemendagri sudah disesuaikan dengan pantauan pelaksanaan Pilkada,” jelas Dewi.

Hingga hari kedua cuti bersama, Jasa Marga mencatat sebanyak 336.929 kendaraan meninggalkan Jakarta Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalin dari GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (lalin arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan).

”Total volume lalin yang meninggalkan Jakarta ini naik 40,5 persen jika dibandingkan lalin (masa liburan,Red) new normal,” kata Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru.

Di tol Cikampek, petugas memberlakukan contraflow sepanjang 14 km dari km 47 hingga km 61. Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Awi Setiyono menjelaskan, contraflow itu dilakukan sejak pukul 09.45. ”Karena kepadatannya,” paparnya.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *