Hati-Hati, 336.929 kendaraan Tinggalkan Jakarta

  • Whatsapp
MULAI PADAT: Kondisi arus lalu lintas di Jalur Sukabumi-Bogor tepatnya di Kecamatan Cibadak, sudah mulai padat oleh kendaraan baik umum maupun masyarakat yang akan menuju kampung halamannya.

Lalu, kepadatan mulai mencair sekitar pukul 14.30. sehingga, petugas menghentikan contraflow tersebut. ”Lalu lintas mulai lancar untuk yag keluar Jakarta, rekayasa sudah tidak dilakukan,” paparnya kemarin.

Kepadatan tidak hanya terjadi menuju Jawa Tengah, tempat wisata seperti puncak juga mulai banyak dikunjungi. Kemarin terjadi kemacetan sepanjang hampir dua kilometer menuju puncak. KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Agoeng menjelaskan, volume kendaraan meningkat sekitar 20 persen, bila dibandingkan Rabu (28/10).”diberlakukan oneway,” terangnya.

Bacaan Lainnya

Bila situasi telah lancar, maka arus kendaraan akan dinormalkan. Dia mengatakan bahwa one way ini sangat situasional. Bila, kepadatan terjadi, maka akan diberlakukan kembali. ”Bergantung dari volume kendaraan,” tuturnya.

Bali sebagai salah satu destinasi wisata turut menjadi perhatian. Aparat keamanan, Polri, TNI bersama Badan SAR Nasional bersiaga. Operasi Siaga SAR Khusus mereka laksankan selama libur panjang pekan ini. Sesuai arahan, operasi tersebut dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia sampai Senin (2/11). Mereka memastikan bakal terus bersiaga.

Khusus untuk mengawasi destinasi wisata di Bali, Operasi Siaga SAR Khusus dilaksanakan secara mobile. Termasuk di antaranya pemantauan melalui udara. Kepala Basarnas Bali Gede Darmada menyampaikan bahwa rencana pergerakan sudah mereka susun sejak Senin (26/10). “Sesuai dengan arahan kepala Basarnas (Pusat),” ungkap dia. Darmada menyebutkan, pemantauan udara di Bali dilaksanakan menggunakan helikopter.

Beberapa lokasi yang menjadi tujuan wisatawan mendapat perhatian khusus. Area pantai, pelabuhan, dan bandara termasuk di antara lokasi-lokasi yang diawasi secara ketat. “Kesiapsiagaan melalui Siaga SAR Khusus diharapankan meningkatkan respons time apabila terjadi hal-hal darurat dan memerlukan bantuan SAR,” beber Darmada. Karena itu pula, penempatan personel dan unsur-unsur Basarnas difokuskan pada area-area yang ramai diserbu wisatawan.

Menurut Darmada, langkah-langkah yang disiapkan oleh instansinya sesuai dengan petunjuk yang disampaikan lewat Rapat Koordinasi Sosialisasi dan Implementasi Rencana Induk Penanggulangan Bencana. Tentu saja Basarnas tidak bekerja sendiri. Dia menyebut, beberapa instansi lain juga terlibat dalam operasi tersebut sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-masing.

Simpul-simpul transportasi pada masa libur panjang ini bergeliat. Contohnya lalu lintas penerbangan di bandara-bandara PT Angkasa Pura II l pada Rabu lalu (28/10) mencetak rekor harian tertinggi pada masa Covid-19. Pada tanggal tersebut jumlah penumpang pesawat di 19 bandara yg dimilikinya tercatat 110.530 orang dengan 1.069 penerbangan. Ini melebihi penerbangan tertinggi sebelumnya terjadi pada 23 Agustus lalu dengan jumlah penumpang 95.000 orang dan 1.045 penerbangan.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan ramainya lalu lintas penerbangan pada 28 Oktober kemarin dapat ditangani dengan baik. Menurutnya pelayanan berjalan sesuai standar dan protokol kesehatan dapat dijalankan.

”Tingginya jumlah penumpang pesawat ini menandakan bahwa masyarakat tidak ragu untuk naik pesawat di tengah pandemi,” ucapnya kemarin. Ini mengindikasikan kepercayaan masyarakat sudah membaik. Melihat tren lalu lintas penerbangan saat ini, dia yakin nantinya ketika Indonesia sudah memulai program vaksinasi Covid-19, penerbangan rute domestik akan pulih lebih cepat.

Di tempat lain, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan di Stasiun Pasar Senen dan Terminal Kampung Rambutan. Budi tak hanya memastikan kelancaran moda transportasi. Namun juga penerapan protokol kesehatan. ”Saya apresiasi KAI dan pengelola Terminal Kampung Rambutan yang telah dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan dengan cukup baik,” ucap Budi.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *