BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Gelombang Tinggi 26-31 Mei hingga 5 Meter, Sejumlah Warung di Pantai Selatan Sukabumi Dihantam Ombak

PALABUHANRATU – Cuaca ekstrim yang melanda Sukabumi, telah menyebabkan gelombang tinggi di perairan Laut Selatan Sukabumi.

Bahkan, air pasang telah terjadi di beberapa titik pantai di Palabuhanratu hingga masuk ke daratan dan menghantam beberapa warung yang berada di bibir pantai, Senin (25/5).

Ketua Forum Komunikasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi Okih Fajri Assidiq mengatakan, cuaca ekstrim saat ini telah menyebabkan air laut memasuki bibir pantai hingga sejauh sekitar 30 meter.

Seperti di pantai Istana Presiden, Citepus NR, Karang Condong, Istiqomah, Kebon Kalapa, SBH, Sunset dan Karang Hawu.

“Air pasang ini, terjadi sekitar pukul 08.00 WIB dan saat ini, kondisi air masih tetap pasang,”jelas Okih kepada Radar Sukabumi, Senin (25/5).

Untuk itu, FKSD Kabupaten Sukabumi terus menghimbau kepada seluruh nelayan yang beroperasi di wilayah perairan laut Sukabumi Selatan agar meningkatkan kewaspadaanya pada cuaca ekstrim saat ini.

Pasalnya, pada masa peralihan cuaca musim hujan ke musim kemarau, telah menyebabkan gelombang tinggi.

“Saya meminta kepada seluruh nelayan dan warga yang tinggal di sekitaran bibir pantai, agar untuk sementara waktu tidak pergi melaut. Karena dikhawarirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Bahkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung, memperkirakan bahwa tinggi gelombang laut di perairan Jawa Barat sejak 26-31 Mei nanti, tinggi gelombang di perairan Selatan Jawa Barat mulai 3,50 meter sampai 5,0 meter.

Ketua Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi Okih Fajri Assidiq mengatakan, sudah ada satu pekan terakhir, gelombang di perairan Laut Selatan Sukabumi sangat tinggi.

(Den)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button