DUNIANews

97.000 Warga AS Meninggal Terpapar Covid-19, Nama Korban Terpampang di New York Times

RADARSUKABUMI.com – Halaman depan surat kabar New York Times edisi Minggu (24/5) memuat nama 1.000 orang yang meninggal akibat terjangkit korona (Covid-19) di Amerika Serikat (AS). Sembari menyebutnya sebagai kehilangan yang tak terhitung, surat kabar itu mengklarifikasi bahwa, “1.000 orang tersebut hanya merefleksikan 1 persen dari jumlah korban yang ada.”

“Mereka bukan hanya sekedar nama dalam sebuah daftar. Mereka adalah kita,” tulis surat kabar itu. “Angka saja tidak mungkin dapat mengukur dampak wabah Covid-19 di AS, entah itu jumlah pasien yang dirawat, pekerjaan yang terdampak, maupun nyawa yang melayang.”

“Hingga akhir Mei 2020, jumlah orang yang meninggal akibat Covid-19 di AS mendekati angka 100.000, yang hampir semuanya terjadi dalam rentang waktu tiga bulan. Rata-rata lebih dari 1.100 kematian setiap harinya,” ungkap artikel utama yang mengusung subjudul “Korban Jiwa” (Human Toll) tersebut dan dicetak dalam empat halaman penuh termasuk halaman depan.

“Kenapa hal ini terjadi di AS pada 2020? Kenapa Covid-19 banyak merenggut nyawa warga kulit hitam dan Latin dalam jumlah besar secara tidak proporsional? Kenapa panti-panti wreda hancur? Pertanyaan kenapa dan bagaimana serta siapa akan terus diajukan dalam beberapa puluh mendatang,” papar laporan itu.

“Untuk saat ini, yang dapat kita lakukan adalah bersama-sama bersabar, sedikit demi sedikit mendapatkan perkiraan tentang bagaimana hal itu dapat terjadi serta mencoba memproses jumlah korban meninggal yang lebih besar dibandingkan dengan apa yang dialami oleh AS dalam perang selama puluhan tahun, dari Vietnam hingga Irak,” tambah laporan itu.

Hingga Minggu malam waktu setempat, lebih dari 97.000 orang meninggal akibat Covid-19 di AS, sekaligus menjadi jumlah terbanyak dari semua negara di dunia, menurut Center of Systems Science and Engineering Universitas Johns Hopkins. (*)

Loading...
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button