Gara-gara Covid-19, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan di Sukabumi Kenalkan Kampus Via Daring

  • Whatsapp

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) menjadi salah satu kegiatan rutin setiap kampus, dalam rangka menyambut mahasiswa baru. PKKMB sendiri merupakan sarana untuk mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

Menyambut mahasiswa baru biasanya dilaksanakan secara tatap muka di lingkungan kampus, namun kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda di Indonesia salah satunya di Kota Sukabumi berdampak pada kegiatan akademik di seluruh kegiatan perguruan tinggi termasuk Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Sukabumi. Di mana tahun ini kegiatan PKKMB masih dilakukan secara daring.

Bacaan Lainnya

Ketua STIKes Sukabumi Iwan Permana mengatakan, kegiatan Sidang Senat Terbuka sekaligus penetapan mahasiwa baru (Maba), dan PKKMB tahun akademik 2021/2022 dilaksanakan sacara daring atau online melalui aplikasi zoom meeting dengan diikuti sebanyak 379 mahasiswa baru yang terdiri dari tiga progarm studi, diantaranya D3 Keperawatan sebanyak 105 mahasiswa, D3 Kebidanan sebanyak 95 mahasiswa, dan Sarjana Keperawatan sebanyak 175 mahasiswa.

“Tujuan dari kegiatan ini menetapkan calon mahasiswa baru menjadi mahasiswa baru STIKes Sukabumi, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Ketua STIKes Sukabumi,” ucap Iwan kepada Radar Sukabumi, Senin (6/9/2021).

Tidak hanya menetapkan calon mahasiswa menjadi mahasiswa, pada kegiatan PKKMB ini maba mendapatkan wawasan mengenai proses sosialisasi dan adaptasi lingkungan kampus baik kegiatan akademik dan non akademik. Meliputi sosialisasi proses belajar mengajar, kebiajakan dan peraturan, organisasi STIKes Sukabumi.

“Pengukuhan mahasiswa baru tadi juga kita lakukan secara simbolis dengan penyematan jaket almamater kepada perwakilan mahasiswa baru masing-masing prodi,” imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa PPKMB dilaksanakan selama empat hari. Selama empat hari itu mahasiswa akan menerima materi seperti kesiapsiagaan bencana, narkoba, cara berorgansisasi. Kegiatan dihadiri oleh Senat Akademik STIKes Sukabumi, Yayasan Pendidikan Tinggi Kesumah Bangsa, perwakilan organisasi mahasiswa, perwakilan mahasiswa baru, dosen dan tenaga pendidikan.

“Melalui kegiatan PKKMB ini mahasiswa baru bisa beradapatasi dengan lingkungan kampus, mempunyai motivasi yang tinggi untuk belajar, mempunyai inovasi, dan kreatifitas selama menjadi mahasiswa STIKes Sukabumi,” pungkasnya. (wdy)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *